Senin 26 Feb 2018 16:59 WIB

Kesenjangan Sekolah Islam Bisa Picu Ekstremisme

Kesimpulan didapat dari penelitian di tiga universitas.

Red: Ani Nursalikah
Terjadi kesenjangan antara murid sekolah Islam mainstream dan network di Indonesia.
Foto: ABC
Terjadi kesenjangan antara murid sekolah Islam mainstream dan network di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Terjadi kesenjangan yang cukup besar antara sekolah Islam mainstream dengan sekolah Islam network di Indonesia, hal yang bisa memunculkan perilaku ekstremisme.

Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan tiga universitas yaitu Monash University, Universitas Islam Walisongo Semarang dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hasil penelitian tersebut disampaikan baru-baru ini dalam simposium internasional pencegahan ekstremisme di sekolah yang diselenggarakan di UIN Walisongo Semarang.

Sebelumnya kelompok peneliti dari tiga universitas membuat penelitian “Religious extremism and education: do schools make a difference?” (Ekstremisme agama dan pendidikan dan pendidikan: apakah sekolah membuat perbedaaan?).

Peneliti Agus Mutohar yang sedang melanjutkan pendidikan S3 di Monash University menjelaskan kepada wartawan ABC, dalam membedakan sekolah bagi penelitian tersebut mereka mengkategorikan sekolah mainstream (mainstream schools) sebagai mayoritas sekolah Islam pada umumnya yang cenderung terbuka dan adaptif pada perubahan. Sedangkan sekolah network (network schools) mengacu pada sekolah Islam yang memiliki pandangan tertutup.