Selasa 27 Feb 2018 18:15 WIB

Seorang Muazin Meninggal Saat Kumandangkan Azan Subuh

Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Adzan
Foto: Ilustrasi
Adzan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dunia maya kembali gempar dengan sebuah video viral yang menunjukan seorang muazin meninggal saat sedang mengumandangkan azan. Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Almarhum muazin yang meninggal tersebut bernama Haji Kaimin. Menurut salah satu jamaah mushala Al-Muhajirin, Eri Indra, Haji Kaimin hampir setiap hari menjadi muazin di musala tersebut.

"Iya, beliau memang yang paling sering azan di Musala Muhajirin, hanya sesekali digantikan yg lain. Hampir tiap hari kami mendengar suara beliau," kata Eri, saat dikonfirmasi, Selasa (27/2).

Ia mengatakan, pada waktu Subuh, Ahad (25/2), ia mendengar suara azan yang biasa dikumandangkan oleh Haji Kaimin. Namun, tiba-tiba suara azan berhenti. Tadinya ia pikir ada masalah pada pengeras suara mushala.

"Saya di rumah habis ambil wudhu mendengar azan beliau tidak sampai selesai, saya kira speaker mushala yang bermasalah. Sesampai saya di mushala beliau sudah dibaringkan di pinggir sepertinya beliau sudah tidak ada," terang Eri.

Usai salat Subuh, Eri mengatakan, ia langsung memanggil tetangga yang merupakan dokter. Namun, dokter tersebut menyatakan Haji Kaimin telah meninggal.

"Sore Sabtunya beliau memang sudah tidak enak badan dan meriang. Subuh pagi beliau masih sanggup azan," tambah dia.

Menurut pengunggah video, Surotul Hidayat, almarhum sempat membersihkan kawasan musala sebelum azan. Ia juga sempat melihat almarhum menyapu dan merapikan karpet.

"Sebelumnya beliau sedang membersihkan area Mushala Muhajirin, sempat nyapu, sempat merapikan karpet, beliau meninggal pada saat mengumandangkan Assholatu Koirumminannaum yang pertama," kata Surotul menjelaskan.

Di dalam video yang diunggah Surotul, Haji Kaimin tampak sedang mengumandangkan azan. Namun, tiba-tiba tubuhnya jatuh. Jamaah lain pun menghampiri Haji Kaimin yang saat itu diduga telah meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement