Rabu 28 Feb 2018 16:49 WIB

Kebijakan Izin Pendirian Pesantren Perlu Kajian

Pesantren perlu dilibatkan dalam rumusan kebijakan tersebut.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Santri
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Santri

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI), KH Zaini Ahmad turut menanggapi kebijakan Kementerian Agama yang akan membuat regulasi terkait standar minimum dan izin pendirian pesantren di Indonesia.

Menurut dia, regulasi tersebut tidak perlu terburu-buru untuk diterapkan, tapi harus dikaji lebih matang lagi. "Regulasi tersebut harus dikaji lebih matang dan harus melibatkan stakeholder pondok pesantren untuk membicarakan rencana ini," ujar Kiai Zaini saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (28/2).

Dia mengatakan bahwa kebijakan tersebut harus didukung jika memberikan kesempatan luas kepada umat untuk berperpartisipasi dalam mencerdaskan bangsa, khususnya untuk meningkatkan kualitas SDM di pesantren.

"Utamanya dalam meningkatkan akhlaqul karimah dan ukhuwah Islamiyah beragama berbangsa bernegara," ucapnya.

Namun, lanjut dia, jika kebijakan tersebut justru menimbulkan kerugian pada pihak pesantren, maka pihaknya lebih setuju ada undang-undang khusus pesantren. Menurut dia, pihaknya masih akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan Kememag terkait hal ini.

"Namun kami akan mencoba komunikasi dengan Kemenag, para pengurus IPI Wilayah maupun IPI Daerah dan pihak-pihak yang terkait hal tersebut," kata Kiai Zaini.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama tengah menyusun regulasi terkait standar minimum dan izin pendirian pesantren di Indonesia. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi mengatakan bahwa dengan adanya regulasi tersebut nantinya izin pendirian pesantren tidak lagi dikeluarkan oleh Kakanwil Kabupaten/Kota, tapi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

"Terkait kebijakan pendirian, ke depan izin pendirian pesantren itu dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam. Selama ini dikeluarkan oleh Kankemenag Kabupaten/Kota," ujar Zayadi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement