Jumat 09 Mar 2018 08:51 WIB

Di Ubud Yoga Berkembang Bagai Swalayan

Menjamurnya yoga tak lepas dari diselenggarakannya Bali Spirit Festival.

Red: Gita Amanda
Yoga. Ilustrasi
Foto: baltyra.com
Yoga. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Perkembangan bisnis yoga di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali sudah seperti swalayan yang bermunculan di setiap sudut kota tersebut sejak 10 tahun belakangan. Ini berkat kegiatan Bali Spirit Festival yang diselenggarakan setiap tahun.

"Dalam waktu dekat ini juga akan kembali diselenggarakan Bali Spirit Festival ke-11 dengan tema "Return to Source" atau kembali ke asalnya," kata Noviana Kusumawardhani, praktisi olah tubuh dan meditasi yoga, di Ubud, Gianyar, Jumat (9/3).

Apabila jalan-jalan keliling kota Ubud, menurutnya, akan banyak sekali kelas dan studio luas untuk yoga. Itu berkat kegiatan tahunan Bali Spirit Festival yang awal mulanya diselenggarakan untuk membangkitkan pariwisata yang terpuruk akibat bom Bali tahun 2002.

Apalagi, lanjut Noviana yang juga Manajer bidang Media Bali Spirit Festival, arti kota Ubud adalah obat atau penyembuhan sehingga cocok menjadi tempat berkembangnya industri yoga. "Yoga sudah menjadi gaya hidup bagi yang mau menjalankan hidup sehat, bagi orang yang mau melakukan transformasi diri, penyembuhan jiwa dan raga serta pikiran," ujarnya.

Yoga sendiri sebagai suatu jalan menuju hidup lebih sehat itu banyak aliran atau gaya, namun dasarnya sama dari Hatha Yoga yang berfokus pada menyelaraskan (alignment) latihan fisik dengan pernapasan. Kemudian berkembang yoga Ashtanga yoga, Kundalini yoga, Hot Yoga, dan Akrobat Yoga. "Nanti di Bali Spirit Festival ke-11 akan ada 150 kelas yang masing-masing beda-beda gaya yoganya," katanya.

Seiring dengan menjamurnya industri yoga itu membutuhkan instruktur yoga. Di Ubud, banyak instruktur yoga dari mancanegara dan banyak juga pelatih yoga dari lokal (domestik).

"Pokoknya yoga di mana-mana kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern yang ingin ada keseimbangan hidup. Ada yang mengatakan kalo belum ikut yoga itu nggak keren," tambah dia.

Perkampungan seniman Ubud di Kabupaten Gianyar, kembali menggelar Bali Spirit Festival ke-11 yang akan berlangsung selama sepekan, 2-8 April 2018. Kegiatan tersebut selama ini terbukti mampu menarik lebih dari 8.000 pengunjung, dari 50 negara di belahan dunia.

Hasil survei partisipan selama tiga tahun terakhir mengestimasikan bahwa sekitar 70 persen dari partisipan festival tinggal di Indonesia setidaknya dua minggu sebelum atau setelah festival. Dan, 20 persen tinggal di Indonesia selama empat minggu atau lebih. Kemudian, 50 persen bepergian keluar pulau.

"Peserta Bali Spirit Festival telah menghabiskan sekitar 1,7 juta dolar Amerika selama lima tahun terakhir, membanjiri perekonomian dalam waktu singkat, mendukung usaha kecil dan menengah milik masyarakat setempat," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement