Senin 12 Mar 2018 16:18 WIB

Enggak Lagi Ribet Pakai Uang Receh di SPBU

Masyarakat bisa menggunakan Brizzi untuk membeli bensin di SPBU.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas sedang mengisi BBM pada kendaraan di Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU). (ilustrasi)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Petugas sedang mengisi BBM pada kendaraan di Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG --Bagi Melani (35 tahun), pembayaran di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kini jauh lebih mudah. Bila biasanya ia harus merogoh kantong atau dompet untuk menyiapkan uang pembayaran bahan bakar minyak (BBM), kini cukup dengan satu kartu. Menurut dia, kini ia tak lagi harus repot menyiapkan uang kecil di dompet untuk pembelian bensin mingguan.

Sejak awal tahun 2018, Melani memanfaatkan fasilitas pembayaran nontunai yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), yakni Brizzi. Platform pembayaran nontunai atau yang beken disebut cashless ini bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pembayaran di berbagai fasilitas, seperti pembayaran di ritel mitra BRI, pembayaran transportasi umum, hingga pembayaran BBM di SPBU Pertamina. Caranya pun terbilang mudah. Cukup tap di mesin dan saldo di kartu pembayaran nonunai akan berkurang dengan sendirinya.

"Petugas bantu tap pakai kartu dan saya dikasih bukti pembayarannya. Praktis. Enggak perlu lagi bawa-bawa duit receh," kata Melani yang menjajal sistem pembayaran nontunai di SPBU COCO 11.251.502 Ulak Karang, Padang.

Meski memudahkan konsumen, Melani mengaku belum banyak masyarakat yang terbiasa menggunakan sistem pembayaran nontunai. Menurut dia, pihak perbankan dan Pertamina selaku pengelola SPBU harus gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat mulai terbiasa memanfaatkan fasilitas baru ini.