Rabu 21 Mar 2018 13:03 WIB

Mengenang Penyebaran Islam Lewat Wisata Religi

Cawagub Puti berniat mengembangkan wisata religi di Jawa Timur

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Joko Sadewo
Puti Guntur Soekarno saat berziarah di makam Syeukh Maulana Ibrohim Asmoro Qondi, di Tuban.
Foto: istimewa
Puti Guntur Soekarno saat berziarah di makam Syeukh Maulana Ibrohim Asmoro Qondi, di Tuban.

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, memulai safari di Tuban dengan berziarah ke Makam Syeikh Maulana Ibrohim Asmoro Qondi, ayahanda Sunan Ampel. Pasangan cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tersebut, ingin menjaga dan kembangkan tempat-tempat wisata relig i di Jawa Timur.

Makam itu menjadi salah satu tujuan para peziarah dari berbagai penjuru daerah jika mereka singgah ke Tuban. Makam Asmoro Qondi yang terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, itu terawat dengan baik dan bersih.

Makam itu berada di dalam masjid yang berdiri tegak dengan relief dan hiasan kaligrafi berusia ratusan tahun. Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan, gapura, dan cungkup makam masih kokoh berdiri sebagaimana aslinya.

Sebelum menuju lokasi makam, Puti mengambil air wudhu. Ia kemudian menuju gerbang gapura pertama, yang merupakan pintu masuk utama. Tiba di lokasi makam, kader PDI Perjuangan (PDIP) itu melakukan do'a bersama warga masyarakat. Dalam kunjungannya, Puti Guntur mengatakan bahwa ia mempunyai keinginan untuk menjaga situs-situs wisata religi di Jawa Timur.