Kamis 29 Mar 2018 00:57 WIB

Pengobatan Pasien TBC di Kota Bandung Baru 80 Persen

saat ini kasus penderita TBC di Kota Bandung mencapai 9.632 kasus.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Penyakit TBC (ilustrasi).
Foto: gsahs.nsw.gov.au
Penyakit TBC (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung baru bisa menangani pasien penderita penyakit tuberculosis (TBC) sekitar 80 persen. Jumlah ini masih dibawah target Pemkot sebesar 90 persen. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengatakan saat ini kasus penderita TBC di Kota Bandung mencapai 9.632 kasus atau sekitar 399 penderita per 100 ribu penduduk.

"Jadi di Kota Bandung ini di dalam 100 ribu penduduk itu sebetulnya harus bisa ditemukan sebanyak 399 kasus. Hanya saja di Bandung untuk pengobatan sampai saat ini baru mencapai 80 persen yang seharusnya dari target 90 persen untuk pengobatan," kata Rita usai peringatan Hari TB Se-dunia (HTBS) di Balai Kota Bandung, Rabu (28/3).

Rita mengatakan kekurangan 10 persen dari targer ini yang harus dikejar. Sehingga masyarakat Kota Bandung yang menderita TBC ini bisa tertangani dengan baik. Ia mengatakan 90 persen pengobatan pasien TBC menjadi target yang harus dicapai pada tahun 2018 ini. Pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendukung penanganan TBC secara menyeluruh.

"Kami berkoordinasi bekerjasama dengan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya untuk mengejar ini untuk pengobatan TBC ini sehingga tidak ada penderita penderita TBC yang memang gagal pengobatan itu yang kami harapkan," ujarnya.