Jumat 30 Mar 2018 02:59 WIB

Pemkab Buleleng Fokus Kembangkan Sektor Pertanian

Sektor pertanian dapat menjadi penopang jika sektor pariwisata mengalami kendala

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Hazliansyah
Sawah terasering di Bali.
Foto: Blogspot
Sawah terasering di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BULELENG -- Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengembangkan pertanian Buleleng untuk menopang perekonomian masyarakatnya. Hal tersebut menjadi alternatif karena saat ini sektor pariwisata dinilai mengalami keadaan yang sedang terguncang dan tidak stabil.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengungkapkan, fokus pertanian digunakan sebagai hasil pemetaan dari sektor primer dan sekunder pola perekonomian Buleleng. Sektor pertanian juga dapat menjadi penopang bagi perekonomian masyarakat jika sektor pariwisata mengalami kendala.

"Selama ini sektor pertanian dianggap kurang memberikan kontribusi disebabkan karena banyak masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata dan jasa. Namun ternyata jika ada persoalan dari sektor pariwisata, sektor pertanian dapat menopang perekonomian," jelas Putu Agus melalui siaran pers, Kamis (29/3).

Menurut Putu Agus, pembangun infrastruktur untuk konektifitas pergerakan ekonomi, distribusi material pupuk, dan produk pasca panen di desa telah selesai. Karena itu, dia berharap 65 persen masyarakat yang hidup dari sektor pertanian dapat memberikan kontribusi kesejahteraan dan pemerataan ekonomi.