Jumat 30 Mar 2018 11:10 WIB

Jalur Pendakian Semeru Kembali Dibuka

Dibuka untuk umum pada 4 April 2018.

Red: Yudha Manggala P Putra
Berkemah di Gunung Semeru dengan latar Gugus Bintang
Foto: Zabur Karuru/Antara
Berkemah di Gunung Semeru dengan latar Gugus Bintang

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Jalur pendakian Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur kembali dibuka untuk umum pada 4 April 2018.

Sebelum membuka jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie di kantor TNBTS Wilayah 2, di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

"Dari rapat koordinasi tersebut ada beberapa kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh para pihak yang isinya sepakat untuk pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru pada 4 April 2018," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Wilayah 2 TNBTS Budi Mulyanto, di Kabupaten Lumajang, Jumat (30/3).

Menurutnya, rapat koordinasi yang dihdiri Balai Besar TNBTS, Polres lumajang, Kodim 0821, BPBD Lumajang, Disparbud Lumajang, Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Dinkes Lumajang, Forkopimka Senduro, Forkopimka Pasrujambe, kelompok pecinta alam (saver), para paguyuban pelaku jasa wisata, dan media berjalan lancar.