Selasa 03 Apr 2018 18:21 WIB

Toko Tani Padang Diminta Lebih Dekat Masyarakat

Akses Toko Tani dinilai masih belum dekat dengan masyarakat.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Toko tani Indonesia.
Foto: kementan
Toko tani Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mulai mengoperasikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang berlokasi di kantor Dinas Pangan Sumbar. Keberadaan TTIC yang menyerap komoditas pangan langsung dari petani diharapkan mampu menjadi penahan gejolak harga di pasar. Masyarakat diberikan opsi untuk mengakses kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah, di bawah harga pasar.

Akan tetapi, keberadaan TTIC di Kota Padang ini dianggap belum dekat dengan masyarakat. Lokasinya yang berada di dalam kompleks kantor pemerintahan dikhawatirkan membuat masyarakat umum menjadi segan untuk berkunjung.

Kepala Bidang Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Inti Pertiwi Naswari mengakui bahwa lokasi TTIC di Dinas Pangan Sumbar tersebut belum ideal. Inti menilai, lokasi TTIC seharusnya dekat dengan pemukiman dan mudah diakses masyarakat umum.

"Sebenarnya tidak merekomendasikan (TTIC) di gedung eksklusif seperti ini. Tapi ini katanya sementara. Kalau disini masyarakat akan sungkan. Ini tidak ideal," kata Inti usai meninjau lokasi TTIC di Dinas Pangan Sumbar, Selasa (3/4).