Rabu 04 Apr 2018 14:00 WIB

Polres Cirebon Pastikan Informasi Pemutihan SIM Hoaks

informasi yang menyatakan adanya pemutihan SIM mati sama sekali tidak benar.

Red: Andi Nur Aminah
Seorang warga mengurus perpanjangan SIM di mobil pelayanan SIM keliling
Foto: antara
Seorang warga mengurus perpanjangan SIM di mobil pelayanan SIM keliling

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cirebon Kota, Jawa Barat, AKP Rezkhy Satya Dewanto memastikan informasi yang menyebutkan adanya pemutihan SIM yang mati baik itu SIM A, B, dan C adalah hoaks (bohong). "Dipastikan informasi adanya pemutihan SIM A, B, dan C pada tanggal 2 hinga 7 April 2018 itu hoaks," kata Rezkhy di Cirebon, Rabu (4/4).

Menurutnya, informasi yang menyatakan adanya pemutihan SIM mati sama sekali tidak benar. Untuk itu masyarakat terutama yang menggunakan media sosial jangan sampai menyebarkan berita tersebut.

Ia meminta ketika menerima kiriman berita-berita yang seperti itu lebih baik di cek terlebih dahulu sebelum menyebarluaskan melalui media sosial masing-masing. "Kita jangan ikut menyebarluaskan berita itu, karena memang itu tidak benar dan dipastikan hoaks," ujarnya.

Informasi tersebut tertulis:  "Ada pemutihan SIM yang mati untuk gol (SIM A, B, C) di POLWIL/polres masing-masing daerah. Berlaku mulai tgl 2 - 07 April 2018. Tolong dibantu share ya agar yang memiliki SIM mati bisa di perbarui tanpa mengulang tes tulis dan praktek lagi. Berlaku di seluruh Indonesia.

Dia menambahkan untuk masyarakat yang ingin mengetahui secara pasti informasi mengenai SIM agar datang ke Polres wilayah hukumnya masing-masing. Ini agar tidak tertipu oleh berita hoaks. "Silakan masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang SIM datang ke Polres Cirebon Kota dan kami imbau jangan mudah menyebarkan berita hoaks," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.

(QS. Al-Ma'idah ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement