Kamis 05 Apr 2018 21:15 WIB

Timnas Putri Dapat Pelajaran dari Legenda Timnas

Saat melawan Zulkarnaen Lubis dan kawan-kawan, timnas putri menang 3-2.

Red: Israr Itah
Pelatih Satia Bagdja bersama timnas putri Indonesia.
Foto: Dok PSSI
Pelatih Satia Bagdja bersama timnas putri Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas putri yang disiapkan untuk Piala AFF dan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang mendapatkan pengalaman bertanding yang berharga dari tim legenda Timnas pada pertandingan uji coba di Lapangan B Senayan, Jakarta, Kamis (5/4). Saat melawan Zulkarnaen Lubis dan kawan-kawan, timnas putri menang 3-2. 

Namun, berdasarkan evaluasi pelatih Satia Bagdja, masih banyak kelemahan yang harus dibenahi sebelum menjalani dua pertandingan resmi yang ada. "Pertandingan seperti ini sangat penting untuk mencari pengalaman. Bukan soal kalah atau menang, tapi fokus kami juga dimana mereka bisa belajar cepat untuk percaya diri," kata Satia Bagja saat dikonfirmasi usai pertandingan.

Pertandingan yang disaksikan langsung oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana serta Sekjen PSSI Ratu Tisha, timnas terlihat cukup kesulitan mengembangkan permainan meski lawan berusia jauh lebih tua.

Pada babak pertama, legenda timnas mampu membuat Tugiyati dan kawan-kawan frustrasi. Sebab serangan yang dibangun timnas putri mampu dipatahkan barisan pertahanan yang dikawal Sudirman. Kondisi ini sesuai dengan harapan pelatih yang sejak awal menginginkan timnas ditekan.

"Ini memang yang kami cari. Anak-anak kami harapkan bisa memahami bagaimana cara bermain yang diperagakan oleh legenda timnas. Ini sangat bagus, jika lawan tim putri hasilnya kurang maksimal," kata Satia Bagdja menambahkan.

Meski sempat dikurung, timnas putri akhirnya mampu memecah kebuntuan setelah Tugiyati mampu menciptakan gol pembuka. Gol ini membuat semangat timnas meningkat dan terbukti setelah itu mampu mencetak dua gol lagi di babak kedua.

Zahra yang mampu menyumbangkan gol kedua untuk timnas putri. Setelah unggul 2-0, timnas kehilangan konsentrasi dan membuat pemain tim legenda timnas, Peri Sandria mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Tak ingin terkejar, timnas yang sudah cukup lama menjalani pemusatan latihan ini terus menggempur pertahankan lawan yang kali ini dimotori oleh Patar Tambunan. Akhirnya pemain muda Dhanielle mampu menyumbang gol ketiga untuk timnas. Hanya, lawan kembali memperkecil ketertinggalan lewat Vennard Hutabarat. Hasil 3-2 bertahan hingga pertandingan usai.

Satia Bagdja menegaskan, pertandingan ujicoba melawan Legenda Timnas ini bukan yang terakhir. Namun, masih banyak rencana ujicoba yang disiapkan termasuk melawan timnas Thailand, akhir bulan nanti.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement