Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

12 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Timnas Putri Dapat Pelajaran dari Legenda Timnas

Kamis 05 Apr 2018 14:15 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih Satia Bagdja bersama timnas putri Indonesia.

Pelatih Satia Bagdja bersama timnas putri Indonesia.

Foto: Dok PSSI
Saat melawan Zulkarnaen Lubis dan kawan-kawan, timnas putri menang 3-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas putri yang disiapkan untuk Piala AFF dan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang mendapatkan pengalaman bertanding yang berharga dari tim legenda Timnas pada pertandingan uji coba di Lapangan B Senayan, Jakarta, Kamis (5/4). Saat melawan Zulkarnaen Lubis dan kawan-kawan, timnas putri menang 3-2. 

Namun, berdasarkan evaluasi pelatih Satia Bagdja, masih banyak kelemahan yang harus dibenahi sebelum menjalani dua pertandingan resmi yang ada. "Pertandingan seperti ini sangat penting untuk mencari pengalaman. Bukan soal kalah atau menang, tapi fokus kami juga dimana mereka bisa belajar cepat untuk percaya diri," kata Satia Bagja saat dikonfirmasi usai pertandingan.

Pertandingan yang disaksikan langsung oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana serta Sekjen PSSI Ratu Tisha, timnas terlihat cukup kesulitan mengembangkan permainan meski lawan berusia jauh lebih tua.

Pada babak pertama, legenda timnas mampu membuat Tugiyati dan kawan-kawan frustrasi. Sebab serangan yang dibangun timnas putri mampu dipatahkan barisan pertahanan yang dikawal Sudirman. Kondisi ini sesuai dengan harapan pelatih yang sejak awal menginginkan timnas ditekan.

"Ini memang yang kami cari. Anak-anak kami harapkan bisa memahami bagaimana cara bermain yang diperagakan oleh legenda timnas. Ini sangat bagus, jika lawan tim putri hasilnya kurang maksimal," kata Satia Bagdja menambahkan.

Meski sempat dikurung, timnas putri akhirnya mampu memecah kebuntuan setelah Tugiyati mampu menciptakan gol pembuka. Gol ini membuat semangat timnas meningkat dan terbukti setelah itu mampu mencetak dua gol lagi di babak kedua.

Zahra yang mampu menyumbangkan gol kedua untuk timnas putri. Setelah unggul 2-0, timnas kehilangan konsentrasi dan membuat pemain tim legenda timnas, Peri Sandria mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Tak ingin terkejar, timnas yang sudah cukup lama menjalani pemusatan latihan ini terus menggempur pertahankan lawan yang kali ini dimotori oleh Patar Tambunan. Akhirnya pemain muda Dhanielle mampu menyumbang gol ketiga untuk timnas. Hanya, lawan kembali memperkecil ketertinggalan lewat Vennard Hutabarat. Hasil 3-2 bertahan hingga pertandingan usai.

Satia Bagdja menegaskan, pertandingan ujicoba melawan Legenda Timnas ini bukan yang terakhir. Namun, masih banyak rencana ujicoba yang disiapkan termasuk melawan timnas Thailand, akhir bulan nanti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile