Selasa 10 Apr 2018 13:11 WIB

IAF Tunjukkan Komitmen Indonesia kepada Afrika

Komitmen Indonesia ditunjukkan dalam memperkuat cinta dan kerja sama dengan Afrika.

Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA, BALI -- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan kepada para perwakilan negara Afrika bahwa Forum Indonesia-Afrika (Indonesia-Africa Forum/IAF) menunjukkan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara Afrika.

"Selama lebih dari satu tahun kami telah bekerja keras dalam mempersiapkan Forum Indonesia-Afrika ini. Hal ini kami lakukan untuk menunjukkan komitmen Indonesia dalam memperkuat cinta dan kerja samanya dengan Afrika," kata Menlu Retno Marsudi di Nusa Dua Bali Convention Center, Bali, Selasa (10/4).

Menlu RI menyampaikan kepada perwakilan negara-negara Afrika dalam acara pembukaan IAF bahwa Indonesia berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang diwarnai dengan kesetaraan, kepedulian, serta kolaborasi yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

"Anda mungkin bertanya, mengapa Indonesia memprakarsai Indonesia-Africa Forum. Jawaban cepatnya adalah karena Indonesia mencintai Afrika. Kecintaan kami pada Afrika tidak hanya tecermin dalam kata-kata, tetapi juga tercermin dalam perbuatan,"ujar Retno.