Selasa 10 Apr 2018 15:32 WIB

Ini Delapan Standar Pelayanan Rumah Sakit Syariah

Perawat atau dokter dan pasien membaca basmalah sebelum melakukan sesuatu.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satu Pengurus Pusat Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) Ni'matullah Mansur mengatakan minimal standar pelayanan RS syariah ada delapan.

Pertama, membaca basmalah sebelum melakukan sesuatu dan meminum obat. Perawat atau dokter harus membaca basmalah sebelum menyuntik. Pasien juga harus membaca basmalah sebelum disuntik dan minum obat.

"Kedua, memasang electrocardiograms (ECG) di wilayah dada harus dilakukan oleh gender yang sejenis. Jangan pasiennya perempuan yang memasang ECG laki-laki," kata Ni'matullah di sela International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) di Jakarta Convention Center (JCC) kepada Republika.co.id, Selasa (10/4).

Ia menerangkan, yang ketiga edukasi, yakni memberikan pendidikan tentang keislaman dan kerohanian kepada pasien supaya pasien bisa menerima dan memandang sakit sebagai ujian dari Allah. Pasien diingatkan jangan marah karena sakit dan pasien diajak berdoa supaya bisa lebih sabar menghadapi sakit.