Selasa 24 Apr 2018 21:33 WIB

Persija Lolos ke Semifinal Zona AFF Piala AFC 2018

Persija menjadi juara Grup H setelah mengalahkan Tampines Rovers pada laga pamungkas.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Hazliansyah
Pemain Persija Jakarta Marko Simic meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Tampines Rovers pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2). Persija berhasil menang dengan skor 4-1.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Pemain Persija Jakarta Marko Simic meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Tampines Rovers pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2). Persija berhasil menang dengan skor 4-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Riko Simanjuntak tampil luar biasa pada laga pamungkas babak penyisihan Grup H Piala AFC 2018, Selasa (24/4) malam WIB. Riko membuat tiga assist yang membuat Persija menang 4-2 atas tuan rumah Tampines Rovers dalam laga yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapura. Kemenangan ini membuat Persija lolos ke semifinal AFC Cup.

Tiga umpan winger kanan Persija itu berhasil dimanfaatkan menjadi gol oleh Rezaldi Hehanusa menit ke-22, Marko Simic menit ke-45, dan Novri Setiawan menit ke-51. Adapun satu gol Persija lainnya disumbang oleh Addison Alves pada menit ke-72. Tampines hanya bisa membalas lewat Jordan Webb pada menit ke-26 dan Fazrul Nawaz menit ke-80.

Atas kemenangan ini, Persija meraih tiket semifinal Zona AFF. Persija mengumpulkan 13 angka dari enam pertandingan sehingga berhak menempati posisi puncak klasemen akhir grup. Persija unggul tiga angka dari peringkat kedua Song Lam Nghe An.

Meski masuk semifinal, jalan Persija menuju gelar juara masih sangat jauh. Pada semifinal Zona AFF, Persija akan menghadapi juara Grup F dengan leg pertama digelar antara 8 atau 9 Mei dan leg kedua pada 15 atau 16 Mei.

Setelah itu, bila lolos Persija masih harus menjalani fase laga semifinal play-off antarzona. Jika bisa kembali lolos, maka berlanjut ke final play-off antarzona. Andai bisa memenangkan laga ini, maka Persija selangkah lagi menjuarai Piala AFC.

Pada partai final, klub juara dari Zona Asia Barat akan menunggu.

Jalannya laga:

Tampines bermain bertahan sejak menit pertama. Pelatih Tampines, Juergen Raab sengaja memasang formasi 5-4-1 untuk meredam permainan Persija yang pernah membantai mereka 1-4 pada pertemuan pertama di Jakarta.

Sebaliknya, Persija yang bermain dengan formasi 4-4-3 tampil lebih menyerang. Pelatih Stefano Cugurra menerjunkan seluruh pemain terbaik Persija termasuk bomber Marko Simic sejak menit pertama.

Hasilnya, Persija bisa memetik keunggulan lebih dulu pada menit ke-22 lewat Rezaldi Hehanusa. Bek kiri Persija ini mencetak gol dengan memanfaatkan umpan lambung winger Riko Simanjuntak dari sisi kanan.

Rezaldi yang berdiri bebas di dalam kotak penalti bisa melepaskan tembakan kaki kanan yang menusuk gawang Tampines. Unggul 1-0, Persija masih memegang kendali laga. Sayang, Macan Kemayoran malah kecolongan gol mudah yang lahir lewat skema sepakan pojok pada menit ke-26.

Tendangan penjuru yang diambil gelandang Tampines, Irfan Najeeb sebenarnya tak berbahaya. Namun, di tempat jatuhnya bola, Jordan Webb yang tak dikawal dengan baik oleh Rezaldi bisa melepaskan tandukkan. Lemah, tapi kiper Persija Andritany Ardhiyasa tak mampu memblok bola yang sebenarnya mengarah lurus ke kakinya.

Menit ke-39, Persija nyaris tertingal 1-2. Pemain Tampines, Ryutaro Megumi hampir mencetak gol individu dengan proses mirip seperti yang sering dilakukan Arjen Robben bersama Bayern Muenchen. Namun, tangan kanan Andritany masih bisa menghalau bola hasil tembakan pemain asal Jepang itu.

Persija bisa kembali unggul lewat Simic. Pemain asal Kroasia itu mencetak gol kedelapannya di AFC Cup 2018 setelah memanfaatkan umpan cut back dari Riko beberapa detik sebelum babak pertama selesai. Persija pun unggul 2-1 hingga turun minum.

Enam menit babak kedua berjalan, Persija mampu menjauh dengan mencetak gol lewat Novri. Lagi-lagi, Riko jadi kreator gol timnya dengan memberikan umpan kepada Novri di dalam kotak penalti lawan.

Persija menjebol gawang lawan lagi pada menit ke-72. Kali ini, Addison yang masuk menggantikan Simic sukses mencetak gol indah. Addison membelah pertahanan sisi kanan lawan. Meski ditempel ketat oleh lawan, Addison sukses menerobos ke kotak penalti Tampines untuk kemudian melepaskan tembakan kaki kanan yang melesak hingga masuk ke gawang.

Namun kembali, Persija harus kecolongan gol mudah. Andritany benar-benar kesulitan menghalau tandukkan lawan. Striker lawan yang baru masuk, Fawaz bisa melepaskan sundulan persis serupa Webb. Lemah, tapi cukup untuk membuat Andritany memungut bola dari dalam gawang sendiri.

Setelah gol tersebut, kedua tim tak mampu lagi menjebol gawang lawan. Persija pun menang 4-2.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement