Ahad 29 Apr 2018 18:49 WIB

Lima Fakta Ketika Berada dalam Pesawat

Banyak penumpang bertanya alasan jendela pesawat berbentuk bundar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Penumpang di dalam pesawat.
Foto: EPA
Penumpang di dalam pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak pertanyaan perihal berada dalam pesawat yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang. Sebagai contoh, mengapa jendela pesawat berbentuk bundar, kemudian berapa banyak gas yang dikeluarkan penumpang, dan lain hal.

Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut berikut jawabannya dilansir dari laman Channel News Asia, Ahad (29/4).

Pertanyaan: Mengapa dalam penerbangan film yang ditonton membuat saya menangis?

Saat berada di bawah, Film Bambi mungkin tidak membuat seseorang menangis karena kematian ibu Bambi. Namun ketika di udara, film ini dapat membuat penumpangnya menangis. Namun apa alasannya?

Pertama, karena ada kurang oksigen di udara selama penerbangan, tubuh merasa lelah, sehingga seseorang lebih mudah menangis. Kedua, duduk di pesawat dengan headphone, dan sedikit layar sampai dekat dengan wajah menciptakan rasa keintiman, dan kesendirian yang dapat menyebabkan meningkatnya emosi.

Pertanyaan: Berapa banyak gas keluar dari manusia di udara pada waktu tertentu?

Karena ada perubahan tekanan kabin, dan efek duduk untuk waktu yang panjang, itu cukup umum merasa kembung. Dan apa yang terjadi untuk udara sekitar jika semua orang mengalami kentut?

Menurut perkiraan dokter, setiap orang mengeluarkan angin 10 kali setiap 24 jam, sebanyak satu liter. Di udara, di mana tekanan rendah, udara mengembang, meningkatkan volume dengan sekitar 30 persen. Untungnya, banyak penerbangan gunakan arang filter dalam sistem pendingin udara, yang membantu untuk membatasi bau.

Pertanyaan: Mengapa ada asbak pada pesawat ketika dilarang merokok?

Semacam asbak biasanya dipasang dalam kamar kecil karena, dalam hal yang penumpang bandel mengabaikan aturan dan menghisap rokok di sana, mereka harus membuangnya, bukan menyebabkan kebakaran dengan melemparkan dalam sampah.

Pertanyaan: Mengapa jendela pesawat berbentuk bundar?

Jendela dibangun dengan bentuk bundar setelah menemukan kecelakaan fatal dua pesawat pada 1954 yang disebabkan oleh kelemahan struktural dari tekanan sudut persegi di jendela. Sedangkan putaran di jendela memungkinkan tekanan untuk didistribusikan lebih merata, menjaga integritas dari pesawat.

Pertanyaan: Apa yang akan terjadi jika semua pilot menjadi lumpuh?

Secara teknis Anda dapat mendaratkan pesawat sendiri. Selama Anda bisa mencari tahu bagaimana untuk berkomunikasi dengan seseorang di bawah, biasanya dengan menekan tombol untuk berbicara dengan mereka, kemudian mereka dapat berbicara melalui proses navigasi menuju Bandara terdekat dilengkapi dengan autoland, sebuah sistem yang sepenuhnya mengotomatisasi pendaratan pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement