Senin 30 Apr 2018 23:15 WIB

Timnas Putri Indonesia tak Dibebani Target Juara

Sebagai tuan rumah, Indonesia diharapkan menembus semifinal Piala AFF Girl U-16.

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita PSSI Papat Yunisal memberikan keterangan kepada wartawan pada jumpa pers Piala AFF Girl U-16 yang akan berlangsung 1 - 13 Mei di komplek Jakabaring Sport City,
Foto: Republika/Maspril Aries
Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita PSSI Papat Yunisal memberikan keterangan kepada wartawan pada jumpa pers Piala AFF Girl U-16 yang akan berlangsung 1 - 13 Mei di komplek Jakabaring Sport City,

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- The ASEAN Football Federation (AFF) atau Federasi Sepak Bola ASEAN kembali menggelar turnamen sepak bola putri U-16 atau AFF Under-16 Girls Championship. Gelaran di Palembang 1 hingga 13 Mei 2018 ini diikuti sembilan tim nasioal (timnas) negara-negara ASEAN.

Timnas putri Indonesia pada laga pertama akan melawan kandidat kuat juara timnas putri Thailand pada 2 Mei 2018 di Stadion Bumi Sriwijaya.

"Tim nasional U-16 Indonesia yang turun pada Piala AFF Girl U-16 tidak dibebani target menjadi juara karena terdapat wakil Asia di Piala Dunia yakni Thailand," ujar Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita PSSI Papat Yunisal, Senin (30/4).

Sebagai tuan rumah, timnas Indonesia diharapkan menembus semifinal. Tim ini sudah disiapkan cukup matang selama lima bulan oleh pelatih Rully Nere. "Saya optimistis dengan bermain di rumah sendiri akan membangkitkan semangat pemain," kata Papat Yunisal.

Indonesia selaku tuan rumah akan tergabung dalam Grup B bersama Thailand, Kamboja, dan Laos. Menurut Papat Yunisal, peluang Indonesia untuk lolos grup sangat terbuka. "Satu keberuntungan timnas putri Indonesia masuk Grup B yang berisi empat tim sehingga peluang semakin terbuka. Setidaknya bisa runner-up di grup," ujarnya.

Walau sudah menjalani pemusatan latihan sejak lima bulan lalu, persiapan tim nasional putri belum maksimal. Menurut pelatih Rully Nere, lantaran penerapan regulasi pemain harus berusia di bawah U-16, beberapa pemain Indonesia yang sempat memperkuat timnas pada kejuaraan di Laos, akhirnya tidak bisa bergabung.

Rully Nere menambahkan, khusus untuk pemain timnas putri Indonesia sebagian berlatar belakang pemain futsal. Khusus penjaga gawang, karena adanya regulasi U-16 dari AFF, timnas pun merekrut penjaga gawang dari tim futsal. "Namun kemampuannya sebagai penjaga gawang masih perlu ditingkatkan," ujarnya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement