Selasa 01 May 2018 04:41 WIB

Kumbang Spesies Baru di Malaysia Dinamai 'Leonardo DiCaprio'

Leonardi DiCaprio dipilih karena kontribusinya untuk lingkungan.

Rep: Farah Nabila Noersativa/ Red: Yudha Manggala P Putra
Leonardi DiCaprio
Foto: EPA
Leonardi DiCaprio

REPUBLIKA.CO.ID, SABAH -- Sebuah spesies baru kumbang air yang ditemukan oleh para ilmuwan dari Ateneo de Manila University di Filipina, dinamakan sama dengan bintang aktor film Amerika Serikat Leonardo DiCaprio. Kumbang air yang memiliki kepala yang dapat ditarik sebagian dan mata yang sedikit menonjol itu bernama latin Grouvellinus leonardodicaprio.

Dilansi The Guardian, Senin (30/4) spesies serangga hitam kecil itu ditemukan menempel pada batu pasir di sungai yang mengalir deras yang mengarah ke air terjun di Sabah, Borneo Malaysia. Para Ilmuwan melakukan kunjungan lapangan ke daerah tersebut dengan sebuah perusahaan Belanda, bertajuk Taxon Expeditions.

Kumbang yang memiliki panjang 3 milimeter dan tak memiliki kaki depan dan antena itu diberinama DiCaprio setelah para ilmuwan dan staf warga di Pusat Studi Wilayah Maliau memilih pada upacara di akhir perjalanan. "Kami ingin menyoroti bahwa bahkan makhluk terkecil pun penting, seperti kumbang kecil ini yang tidak diketahui oleh siapa pun sebelumnya. Bukan karena kumbang ini terlihat seperti Leonardo DiCaprio," ujar Iva Njunji dalam ekspedisi tersebut.

Para peneliti melakukan penangkapan kumbang itu dengan menggunakan berbagai jaringikan bermata halus, dan perangkap lainnya. Setelah ditangkap, mereka melestarikannya dalam alkohol. Spesimen diambil kembali ke laboratorium agar DNA mereka diurutkan dan tubuh kumbang itu diperiksa dengan detail halus di bawah mikroskop.

"Ketika menentukan spesies kumbang baru, penting untuk membedah alat kelamin laki-laki, karena ini dapat membantu membedakan satu varietas kumbang air dari yang lain," kata Njunji. Sementara, Hendrik Freitag, anggota tim lain mengatakan, kantung membran internal pada laki-laki ditutupi dengan duri.

DiCaprio sendiri telah meluncurkan sebuah yayasan lingkungan hidup pada tahun 1998 untuk membantu melindungi ekosistem yang terancam di seluruh dunia. Ia menerima penghargaan ataskaryanya dari PBB dan dalam pidato di upacara itu mengatakan bahwa penanggulangan perubahan iklim bisa menjadi peluang ekonomi terbesar dalam sejarah AS.

Kumbang DiCaprio hanyalah salah satu spesies terbaru yang diberi nama tokoh dunia. Awal tahun ini, seekor lalat yang sangat gemuk dari Amazon Brasil dinamai menurut Arnold Schwarzenegger, sementara tahun lalu penemuan seekor ngengat dengan sisik putih kekuning-kuningan di kepalanya dinamai menurut Donald Trump.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement