Jumat 04 May 2018 09:25 WIB

Jakdeals ViWi 2018 Perkuat Paket Wisata Asian Games

Wisatawan dapat memilih paket-paket perjalanan yang ditawarkan.

Red: Hazliansyah
Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program yang menawarkan paket bundling pariwisata dengan harga terjangkau (hot deals) diluncurkan di Jakarta setelah sukses menarik minat wisatawan di Batam. Bertajuk "Jakarta Weekend Hot Deals (Jakdeals)", wisatawan dapat memilih paket-paket perjalanan yang ditawarkan selama satu tahun ke depan.

Termasuk pada momen penyelenggaraan Asian Games 2018 yang diperkirakan terdapat lebih dari 12 ribu atlet dan ofisial dari 45 negara. Belum termasuk pendukung dari negara peserta masing-masing.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, paket-paket yang ditawarkan dirancang oleh kalangan industri yang tergabung dalam Asita dan PHRI. Program Jakdeals nantinya bisa digabungkan dengan 75 paket wisata yang telah disiapkan dalam menyambut Asian Games.

"Program ini diluncurkan dalam rangka mendorong percepatan bisnis di sektor pariwisata serta mengupayakan pencapaian target peningkatan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus)," ujar Arief, Kamis (3/5) kemarin.

Ia menjelaskan, paket hot deals menerapkan konsep sharing economy, yaitu menjual barang atau jasa yang tidak laku atau excess capacity dengan memberikan diskon pada unsur 3A (Aksesibilitas, Aktraksi, dan Amenitas) sehingga menarik bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan.

"Saya sangat confidence karena di Batam kemarin terjual lebih dari 100 ribu paket. Nantinya saya harapkan semua daerah juga punya paket seperti ini, termasuk Palembang yang juga tuan rumah penyelenggaraan Asian Games," ujar Arief.

Untuk tahap awal, paket bundling yang ditawarkan adalah penginapan dari bintang 3, 4, dan 5 dengan harga mulai dari Rp 1 juta per orang untuk 3 hari dan 2 malam. Nantinya paket yang ditawarkan akan berkembang, seperti wisata golf, belanja, juga paket ke destinasi di daerah lain.

"Tahun lalu kunjungan wisman ke Jakarta sekitar 2,5 juta. Diharapkan dengan adanya Jakdeals akan meningkat signifikan karena harga paket wisata ini sangat kompetitif di antara negara ASEAN," ujar Arief. 

Dengan beragam program yang ditawarkan, diharapkan atlet serta ofisial serta pendukung masing-masing negara peserta Asian Games terkesan dengan keberadaannya di Indonesia. Selain berkompetisi, mereka juga bisa berwisata menikmati keindahan dan berbagai potensi yang ada.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا جَاۤءَهُمْ اَمْرٌ مِّنَ الْاَمْنِ اَوِ الْخَوْفِ اَذَاعُوْا بِهٖ ۗ وَلَوْ رَدُّوْهُ اِلَى الرَّسُوْلِ وَاِلٰٓى اُولِى الْاَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِيْنَ يَسْتَنْۢبِطُوْنَهٗ مِنْهُمْ ۗ وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهٗ لَاتَّبَعْتُمُ الشَّيْطٰنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Dan apabila sampai kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka (langsung) menyiarkannya. (Padahal) apabila mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya (secara resmi) dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Sekiranya bukan karena karunia dan rahmat Allah kepadamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kamu).

(QS. An-Nisa' ayat 83)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement