Senin 07 May 2018 00:14 WIB

Asian Games 2018 Harus Beri Dampak Bagi Pelaku UKM

Perajin songket di Sumatra Selatan akan diuntungkan dari gebyar Asian Games

Rep: Melisa Riska Putri / Red: Hazliansyah
AAGN Puspayoga
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
AAGN Puspayoga

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gelaran Asian Games 2018 harus bisa memberikan dampak positif bagi keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), khususnya di Sumatra Selatan sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan. Diperkirakan lebih dari 5 ribu atlet dan offisial termasuk suporter dari masing-masing negara peserta akan mengunjungi Palembang pada Agustus mendatang.

"Masyarakat UKM di Indonesia harus mensyukuri hadirnya event internasional itu. Karena, dengan Asian Games 2018 di Indonesia, maka produk-produk UKM kita akan tumbuh dan ekonomi kerakyatan akan berkembang," ujar Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga saat membuka acara Lokakarya Nasional, Open Forum dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) Tahun Buku 2017, di Palembang, Sumsel, Ahad (6/5).

Ia menambahkan, para UKM yang bergerak di sektor usaha kuliner, kerajinan tangan (souvenir), termasuk para perajin songket di Sumatra Selatan akan hidup dan diuntungkan dari gebyar Asian Games 2018.

"Oleh karena itu, saya berharap agar souvenir-souvenir yang disiapkan, terutama kain Songket, merupakan produk handmade para perajin, bukan hasil mesin. Kalau Songket hasil produksi mesin, kasihan para perajin Songket," katanya.