Sabtu 12 May 2018 14:30 WIB

Remaja 14 Tahun Tembak Siswa SMA di Kalifornia

Korban berada dalam kondisi stabil.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Penembakan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Penembakan

REPUBLIKA.CO.ID, PALMDALE -- Seorang bocah lelaki 14 tahun menembak dan melukai seorang siswa sekolah menengah di Kalifornia Selatan pada Jumat (11/5). Dia ditangkap di supermarket oleh petugas polisi yang sedang tidak bertugas setelah melarikan diri, menurut pejabat penegak hukum.

Korban, seorang siswa berusia 15 tahun di SMA Highland di Palmdale, sekitar 96 kilometer utara Los Angeles, dalam kondisi stabil di rumah sakit terdekat dengan luka tembak di area lengan dan bahu, demikian Sheriff Wilayah Los Angeles Jim McDonnell pada konferensi pers. Para pejabat awalnya mengatakan korban berusia 14 tahun.

Tersangka, seorang mantan siswa di SMA Highland, ditahan di sebuah supermarket oleh seorang petugas polisi Los Angeles yang tidak bertugas. Dia ditangkap setelah memanggil ayahnya untuk mengatakan dia telah menembakkan senjata ke udara.

McDonnell mengatakan tersangka diperkirakan akan menghadapi percobaan pembunuhan. Senjata yang digunakan, senapan SKS, ditemukan dibuang di lapangan.

Aparat penegak hukum tidak memberikan motif untuk insiden yang terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Departemen sheriff di akun Twitter-nya menyebutnya "penembakan terisolasi."

Penembakan itu menyebabkan pengisolasian langsung di sekolah. "Kami sangat berterima kasih atas tindakan para guru dan staf SMA Highland dan responden pertama kami yang dengan berani melindungi kehidupan para siswa kami hari ini," ujar Brett Neal, asisten inspektur untuk distrik sekolah itu dalam sebuah pernyataan.

"Kami tahu bahwa setiap detik adalah penting dalam situasi seperti ini dan kami tidak bisa lebih bersyukur," tambahnya.

Laporan awal dari kemungkinan penembakan massal sekolah menarik perhatian langsung dari berita utama dan jaringan televisi kabel. Hal tersebut menggarisbawahi perdebatan nasional tentang kontrol senjata dan hak senjata yang meningkat setelah kematian dalam penembakan Februari 17 siswa dan anggota staf di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida.

Palmdale, sebuah kota berpenduduk sekitar 160 ribu orang yang menyebut dirinya ibu kota kedirgantaraan Amerika Serikat, adalah rumah bagi pabrik pembuatan pesawat Angkatan Udara yang mencakup fasilitas produksi, yang dioperasikan Boeing Co, Lockheed Martin Corp, dan Northrop Grumman Corp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement