Pesantren Ramadhan Kiai Marogan Gunakan Metode '3T'

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto

Selasa 22 May 2018 16:40 WIB

Pesantren Ramadhan Kiai Marogan Gunakan Metode 3T. Foto: Republika/Maspril Aries Pesantren Ramadhan Kiai Marogan Gunakan Metode 3T.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pondok pesantren tahfiz Kiai Marogan Palembang melaksanakan pesantren Ramadhan. Peantren yang dilakukan selama 20 hari bulan Ramadhan 1439 H itu   berlangsung di Masjid Al Kautsar Jl Pertahanan Ujung RT 53 seberang Ulu II, Plaju.

“Pesantren ramadhan tahun ini, sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran bagi santri dengan mengajarkan 3T yaitu tahsin, tajwid, dan tilawah,” kata pimpinan Yayasan Rumah Tahfiz Ki Marogan Fauzan Yayan, Selasa (22/5).

Menurut ketua panitia Abdul Rahman, pesantrean ramadhan ini merupakan program ini juga untuk memaknai dari keutamaan Ramadhan. “Sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja tanpa adanya usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shaleh,” katanya.

Dikatakan Rahman, salah satu amalan yang sangat bagus dilakukan di bulan Ramadhan adalah itikaf dan membaca Alquran. Itikaf secara bahasa adalah berdiam diri sedangkan secara istilah adalah menetap di masjid dengan tata cara yang khusus dan dengan disertai niat.

Program itikaf berjamaah di bulan Ramadhan penuh hikmah ini merupakan ajakan kepada semua kaum Muslimin untuk menggunakan kesempatan Ramadhan dengan beritikaf secara bersama-sama di masjid dengan mempelajari Alquran melalui metode 3 T yaitu tahsin, tajwid dan tilawah. "Dengan program ini diharapkan timbul kesadaran dari diri masing-masing untuk terus menerus meraih yang terbaik di bulan yang paling baik yaitu bulan ramadhan,” ujar ustaz Abdul Rahman.

Pesantren Ramadhan Pondok pesantren tahfiz Kiai Marogan pada Ramadhan tahin ini diikuti 50 santri dengan pengajar ustaz Hasby Ashidiqy tentang metode menghafal dengan tujuh irama imam Masjidil Haram, ustaz Zakaria Anshori Al Hafidz motivator Alquran, ustaz Fauzan Yayan dan ustaz Imron Supriyadi. 

 

 

Terpopuler