Dari Pengajian, KajianMu Selamatkan Jamaah dari Rentenir

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko

Rabu 30 May 2018 21:26 WIB

Pendiri Kajian Memberdayakan Umat (KajianMu), Muhammad Ghufron Mustaqim usai menjadi pembicara dalam acara Pengkajian Ramadhan 2018 di Kampus Fakultas FKIP Uhamka, Jakarta Timur, Selasa (29/5). Foto: Republika/Muhyiddin Pendiri Kajian Memberdayakan Umat (KajianMu), Muhammad Ghufron Mustaqim usai menjadi pembicara dalam acara Pengkajian Ramadhan 2018 di Kampus Fakultas FKIP Uhamka, Jakarta Timur, Selasa (29/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Kajian Memberdayakan Umat (KajianMu), Muhammad Ghufron Mustaqim menyelamatkan puluhan pengusaha mikro dari jeratan rentenir di Yogyakarta. Pemuda ini bersama temannya memberikan pinjaman tanpa bunga dan jaminan kepada jamaah pengajian yang memiliki usaha mikro.

KajianMu adalah program pemberdayaan berbasis pengajian. Menurut Ghufron, sampai saat ini ada 40-45 jamaah yang fokus dibantu oleh KajianMu. Namun, yang mengajukan permohonan untuk diadakan KajianMu sudah ada 30-50 masjid.

Ke depannya, menurut dia, pihaknya akan terus mengundang ibu jamaah lainnya untuk datang ke pengajian yang digelar KajianMu setiap pekan.

"Kita undang ibu-ibu yang punya usaha mikro untuk datang ke pengajian kami. Terus kemudian mereka dapat pinjaman tanpa bunga tanpa jaminan. Syaratnya satu, yang penting rutin datang ke pengajian kami," ujar Ghufron saat berbincang dengan Republika.co.id usai menjadi pembicara dalam Pengkajian Ramadhan 2018 di Kampus Fakultas FKIP Uhamka, Jakarta Timur, Selasa (29/5).