Sabtu 02 Jun 2018 00:02 WIB

Negara Anggota G7 Bersumpah Perangi AS Soal Kebijakan Ini

Kebijakan tarif ekspor baja dan alumunium AS ancam pertumbuhan ekonomi dunia

Rep: Rizkyan Adhiyuda/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire
Foto: France 24
Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire

REPUBLIKA.CO.ID, WHISTLER -- Anggota negara G7 bersumpah untuk memerangi Amerika Serikat (AS) terkait tarif ekspor baja dan alumunium. Negara-negara sekutu Paman Sam menilai kebijakan AS mengancam pertumbuhan ekonomi dunia.

Pembahasan terkait perang perdagangan dengan AS rencananaya akan menjadi topik utama selama tiga hari pertemuan negara industri di Kanada. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menjadi target utama dari protes dan lobi yang akan dilakukan negara-negara anggota G7.

Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire menuntut pembebasan total secara permanen dari tarif yang diberlakukan AS. Dia mengatakan, secara terpisah negara-negara Uni Eropa (UE) akan merespon dengan langkah-langkah mereka sendiri.

"Kebijakan tarif AS sangat tidak benar dan tidak bisa dibenarkan karena memberikan konsekuensi berbahaya untuk pertumbuhan ekonomi dunia," kata Bruno Le Maire.

Senada dengan Le Maire, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz juga menentang penetapan tarif ekspor baja dan alumunium AS. Dia mengatakan, negara-negara anggota UE akan menunjukkan persatuan dan kedaulatan mereka serta akan melakukan tindakan yang nyata.

Seperti diketahui, AS segera memberlakukan peningkatan tarif 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk aluminium. Kebijakan itu rencananya akan mulai diberlakukan pada Jumat tengah malam waktu setempat.

Penerapan keputusan itu sekaligus mengakhiri diskusi berbulan-bulan terkait isu tersebut. Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau memprediksi diskusi terkait penetapan tarif itu akan menjadi hal yang menarik. Menurut Morneau, pembahasan kemungkinan akan menimbulkan friksi antar negara anggota.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ قَسَتْ قُلُوْبُكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ اَوْ اَشَدُّ قَسْوَةً ۗ وَاِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْاَنْهٰرُ ۗ وَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاۤءُ ۗوَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ
Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras. Padahal dari batu-batu itu pasti ada sungai-sungai yang (airnya) memancar daripadanya. Ada pula yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya. Dan ada pula yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah tidaklah lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 74)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement