Senin 04 Jun 2018 15:19 WIB

Penampakan Pria Mirip Soeharto Juga Dibahas Media Malaysia

Asvi mengatakan, biayanya jauh lebih besar jika membiarkan diktator memerintah lagi.

Red: Bilal Ramadhan
Foto mantan Presiden Soeharto (kiri) dan orang yang mirip dengan Soeharto di kereta komuter Jabodetabek yang menghebohkan media sosial
Foto: The Star Online
Foto mantan Presiden Soeharto (kiri) dan orang yang mirip dengan Soeharto di kereta komuter Jabodetabek yang menghebohkan media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan penampakan sosok pria di kereta comuter line Jabodetabek yang sangat mirip dengan mantan presiden Soeharto. Rupanya fenomena ini juga dibahas salah satu media Malaysia, the Star Online, Senin (4/6).

Foto itu menangkap pria yang duduk di kursi prioritas di kereta komuter dari kejauhan. Ini pertama kali muncul di akun Twitter fotografer senior Kompas, Arbain Rambey, @arbainrambey, pada 30 Mei lalu.

The Star Online menyebutkan sama seperti meme lain yang telah beredar tentang Soeharto di media sosial, mereka menyambut dengan ejekan dan sorak-sorai untuk pemimpin, yang sering disebut diktator. Hal ini karena cengkeraman militernya yang kuat dan terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia untuk mempertahankan jabatannya yang panjang, juga dikenal sebagai era Orde Baru.

Beberapa mengatakan, mereka merindukan Soeharto karena "memajukan negara". Didorong oleh pejabat pemerintah selama era Orde Baru, Soeharto pernah dijuluki Bapak Pembangunan (Father of Development).