Selasa 05 Jun 2018 10:02 WIB

Momen Gugup Muhammad Ridho Pertama Kali Bela Timnas

Ridho membela timnas untuk pertama kalinya di laga persabahatan kontra Thailand.

Red: Hazliansyah
Penjaga gawang Borneo FC Muhammad Ridho.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Penjaga gawang Borneo FC Muhammad Ridho.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Penjaga gawang Borneo FC Muhammad Ridho melakoni debut pertamanya membela tim nasional saat diturunkan dalam pertandingan persahabatan kontra Thailand, beberapa waktu lalu. Pertama kali membela Garuda, Ridho mengaku gugup.

"Perasaan saya bercampur aduk saat itu antara bangga dan senang yang luar biasa. Maklum, ini penampilan perdana saya di timnas," kata Ridho, Senin (5/6) kemarin.

Ia menceritakan, salah satu momen yang membuat jantungnya berdegup kencang adalah saat ia mulai memasuki lapangan. Bahkan, saat menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" tangannya bergetar dan berkeringat saat memegang lambang garuda di dada.

Ridho berkesempatan tampil sejak menit awal pada laga uji coba Indonesia melawan Thailand, Ahad (3/6). "Saat itu dalam pikiran saya hanya ingin memberikan yang terbaik untuk timnas, dan saya harus bisa," ungkap Ridho.

Ridho mengaku memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan nervous. Hal ini terlihat dari gesture yang ditunjukkan saat memasuki lapangan. Ridho menengadahkan kepala ke atas sembari dua tangannya menunjuk ke arah langit.

Sama seperti yang dilakukannya bersama klub Borneo FC, Ridho selalu diam sejenak di beberapa tempat di lapangan. Pada laga tersebut, Ridho tak sekali pun canggung di bawah mistar, meski malam itu merupakan debutnya. Bahkan, menit 39, gawang Ridho mendapat ancaman bertubi-tubi.

Namun, kiper milik Borneo FC ini bisa menggagalkan tiga peluang emas beruntun Thailand sehingga gawang timnas Indonesia tidak kebobolan. Meski tidak bermain penuh 90 menit, Ridho tetap bangga dengan catatan cleansheet di debutnya.

Apalagi, dalam laga tersebut Indonesia bermain imbang 0-0 dengan tim Gajah Putih. "Saya bersyukur turut membantu timnas tidak kebobolan. Ini pelajaran berharga buat saya agar lebih baik ke depan," ujarnya.

Penampilan gemilang Ridho semalam menjadi modal yang bagus bagi Ridho untuk lolos seleksi merebut satu tempat di skuat Asian Games.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement