REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- GarudaFood Sehati berkolaborasi dengan Komunitas Kampung Dongeng Indonesia memberikan santunan dan donasi Paket Ramadhan Bahagia kepada ratusan anak-anak marjinal di wilayah Ciputat-Tangerang Selatan, Senin (11/6) kemarin. Selain memberikan santunan dan donasi, GarudaFood Sehati juga melakukan syiar dakwah dan sisipan edukasi mengenai Keamanan Pangan dengan cara yang unik yaitu melalui dongeng.
Director GarudaFood Rudy Brigianto mengatakan, metode dongeng ini bertujuan untuk menanamkan pesan moral. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang bagaimana cara mengenali dan memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi agar terhindar dari konsumsi pangan yang berisiko terhadap kesehatan.
"Program ini kami harapkan tidak hanya berdampak positif terhadap adik-adik semua, namun juga kepada para relawan yang terlibat di dalamnya. Mari kita jadikan momen Ramadhan untuk melakukan transformasi diri , sehingga ketika Ramadhan usai, kita telah berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi," kata Rudy melalui pesan tertulis kepada Republika, Selasa (12/6).
Menurut Rudy, puluhan relawan dari Kampung Dongeng Indonesia, Kampung Pemulung dan GarudaFood Sehati juga turut dilibatkan dalam program ini. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menciptakan worklife balance, meningkatkan rasa tanggung jawab sosial, serta kepedulian terhadap sesama.
"Karenanya sepanjang bulan Ramadhan ini pun, GarudaFood Sehati telah mendonasikan lebih dari 3.000 Paket GarudaFood ke mustahik di area Jabodetabek bekerjasama dengan lembaga maupun komunitas," ungkap dia.
Sementara itu, Pendiri Kampung Dongeng (KaDo) Indonesia Awam Prakoso mendongeng merupakan rangkaian kata yang menjadi sarana alat bantu komunikasi, bermuatan nilai-nilai positif dan pesan moral serta mudah terpatri dalam ingatan anak. Melalui metode mendongeng, anak tidak akan merasa dinasihati, sebaliknya mereka akan merasa nyaman, tenang, senang dan larut dalam imajinasi.
"Sehingga metode ini efektif dalam menanamkan pesan moral pada anak," jelas Awam.
Kampung Dongeng Indonesia merupakan komunitas sosial yang melaksanakan gerakan mendongeng demi terwujudnya anak-anak Indonesia yang ceria, cerdas dan berkarakter baik.
GarudaFood merupakan salah satu makanan minuman terdepan di Indonesia yang telah memimpin pasar pada berbagai kategori, antara lain: merek Garuda untuk kategori kacang, Chocolatos untuk kategori wafer stick premium, Gery Saluut Malkist untuk kategori biskuit crackers, dan SuperO2 untuk kategori functional drink. Untuk pasar global, GarudaFood Group memfokuskan bisnisnya di Negara ASEAN, China & India yang merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk menjadi pemain Regional.