Mudik Jadi Momentum untuk Optimalkan Potensi Ekonomi Pansela

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ratna Puspita

Kamis 14 Jun 2018 16:27 WIB

Foto udara jalur pantai selatan Jawa (Pansela) di Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A Foto udara jalur pantai selatan Jawa (Pansela) di Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Mudik menjadi momentum yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi baru di jalur pantai selatan (Pansela) Jawa. Kemudian, hal itu dapat memberikan efek domino bagi pembangunan peradaban perekonomian masyarakat.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, mudik Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah telah hampir sepekan berlangsung. Selain jalur Tol Trans Jawa dan pantai utara (pantura) Jawa, pemudik yang kembali ke kampung halaman juga memanfaatkan jalur pantai selatan (Pansela).

Ia mengatakan pembangunan jalur Pansela tidak hanya sebatas untuk mengurangi kepadatan lintas di Pantura dan tengah Pulau Jawa. Pembangunan jalur Pansela juga untuk membuka akses pemerataan ekonomi di jalur selatan.

“Melalui pergerakan pemudik melalui pantai selatan, saya yakin mereka akan terinspirasi bahwa ada potensi dan kekuatan baru yang perlu eksplorasi untuk kepentingan ekonomi kedepan,” kata dia, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (14/6).