Merayakan Hari Raya Idul Fitri di Moskow

Red: Citra Listya Rini

Jumat 15 Jun 2018 17:40 WIB

Duta Besar RI untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi Foto: Citra Listya Rini/Republika Duta Besar RI untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW  —  Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang jatuh pada Jumat (15/6). Idealnya perayaan hari raya dihabiskan bersama keluarga besar tercinta dan kerabat terdekat. Namun, tidak semua orang bisa menghabiskan momen Hari Raya Idul Fitri bersama orang-orang terdekat. 

Setidaknya itu yang dialami saya dan sejumlah wartawan lainnya yang meliput Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia. Beruntung bukan hanya kami yang merayakan lebaran di negeri rantau. Pun, warga negara Indonesia (WNI) lainnya yang menetap di negeri Beruang Merah. 

Kedutaan Besar Republika indonesia (KBRI) di Moskow pun menjadi tempat kami berkumpul merayakan lebaran. Termasuk juga melaksanakan shalat Idul Fitri di kawasan KBRI Moskow. 

Meski di negeri rantau, kami tetap merasakan nikmat Hari Kemenangan bagi kaum Muslim sedunia ini. Selepas shalat Idul Fitri, WNI yang menetap di negeri Beruang Merah dijamu oleh Duta Besar RI untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi di KBRI Moskow. Aneka kuliner khas Indonesia dan Hari Raya Idul Fitri seperti ketupat, sayur pepaya, sate ayam, lemper sampai kue nastar pun dihidangkan oleh KBRI Moskow.