Sabtu 23 Jun 2018 18:48 WIB

Pengamat: Zul-Rohmi Berpeluang Menangi Pilgub NTB

Bambang menambahkan, pasangan Zul-Rohmi terus menggeliat beberapa bulan terakhir

Rep: M Nursyamsi/ Red: Bilal Ramadhan
Pasangan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah (tengah) saat debat pilgub NTB di Mataram, NTB, Jumat (22/6) malam.
Foto: Muhammad Nursyamsyi
Pasangan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah (tengah) saat debat pilgub NTB di Mataram, NTB, Jumat (22/6) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Bambang Mei Finarwanto mengatakan, persaingan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan berlangsung menarik. Pasalnya, Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sudah tidak ikut dalam kontestasi lantaran telah dua periode menjabat.

Empat pasangan calon yang muncul membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan. Dari keempat nama paslon, Bambang menilai, pasangan Zulkieflimansyah dan Siti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) memiliki potensi besar untuk memenangkan persaingan.

Pasangan yang diusung PKS dan Demokrat ini, kata Bambang, menawarkan gagasan dan ide yang segar dalam membangun NTB lima tahun ke depan. "Awalnya pasangan Zul-Rohmi kerap dipandang sebelah mata karena terbilang 'hijau' dalam kancah perpolitikan di NTB," ujar Bambang kepada Republika.co.id di Mataram, NTB, Sabtu (23/6).

Bambang menyebutkan, tiga pasangan lain seperti Ahyar Abduh (Wali Kota Mataram), Suhaili (Bupati Lombok Tengah), dan Ali BD (Bupati Lombok Timur) yang merupakan kepala daerah di kabupaten/kota di NTB. Sedangkan, Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah, lanjutnya, merupakan pendatang baru.