Selasa 03 Jul 2018 14:53 WIB

Mohamed Salah Perpanjang Kontrak Selama 5 Tahun di Liverpool

Salah bahagia di Liverpool dan menyetujui kesepakatan yang baru berakhir pada 2023.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Mohamed Salah
Foto: EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
Mohamed Salah

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mohammed Salah telah berkomitmen bermain untuk Liverpool dalam jangka panjang. Pemain asal Mesir ini menandatangani perpanjangan kontrak dengan the Reds selama lima tahun.

Kontrak yang baru ini juga tidak menyebutkan klausul pelepasan. Salah baru membela the Res usai pindah dari AS Roma pada musim panas tahun lalu. Tapi ia menjalani debut pertamanya bersama Liverpool dengan sangat mengesankan. Ia mencetak 44 gol dari 52 penampilannya sepanjang musim.

Salah juga menjadi pemain utama yang membawa Liverpool lolos ke final Liga Champions. Sebagai pencetak gol yang andal, banyak klub besar di Eropa yang juga tertarik dengan pemain berusia 26 tahun tersebut.

Tapi tampaknya Salah bahagia di Liverpool dan menyetujui kesepakatan yang baru akan berakhir pada musim panas 2023. Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengungkapkan kebahagiaannya dengan keputusan Salah ini.

"Saya pikir kabar ini bisa dilihat apa adanya, sebagai sebuah penghargaan kepada seseorang atas performa dan kontribusinya yang luar biasa untuk tim dan klub pada musim lalu," kata Klopp di situs resmi Liverpool seperti dilansir dari The Independent, Selasa (3/7).

photo
Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan Mohamed Salah.

Klopp mengatakan, perpanjangan kontrak Salah ini mengindikasi dua hal. Pertama, kata Klopp, Salah mempercayakan masa depannya dengan Liverpool begitu juga dengan sebaliknya.

Klopp mengatakan, Liverpool ingin pemain kelas dunia tersebut merasa berada di rumah selama bermain di Anfield. Ia menambahkan di Liverpool, Salah dapat mengejar mimpi dan ambisinya.  "Ketika seseorang seperti Salah berkomitmen dan mengatakan tempat ini rumahnya sekarang, hal itu mengungkapkan banyak hal, sama halnya dengan kami, komitmen kami ingin melihat kualitasnya dan ingin melihatnya lebih berkembang lagi dan lebih baik lagi dengan lingkungan yang kami miliki."

Ketiadaan klausul pelepasan dalam kontrak baru Salah merupakan keuntungan bagi Liverpool. Setiap klub yang menginginkan Salah kemungkinan besar harus membayar biaya yang sangat mahal untuk 'Raja Mesir' tersebut. Seperti ketika Barcelona membayar 142 juta poundsterling untuk mendapatkan Phillipe Coutinho dari Liverpool.

Selain Salah, pemain asal Brasil Roberto Firmino juga memperbaharui kontraknya. Ia juga memperpanjang kontraknya selama lima tahun. Kabarnya Sadio Mane akan menjadi pemain ketiga yang akan memperpanjang kontraknya di Liverpool. 

Klopp mengatakah, hal yang terbaik pada diri Salah ialah pemain Mesir tersebut tidak pernah melihat dirinya lebih penting daripada tim. Salah, kata Klopp, mengakui rekan setim dan klub membantunya meraih prestasi individu pada musim lalu.

Salah setidaknya meraih enam penghargaan individu pada musim lalu. Ia terpilih sebagai pemain terbaik Liga Primer Inggris, Sepatu Emas Liga Primer, pemain terbaik versi Persatuan Pemain Sepakbola Profesional (PFA), pemain terbaik Benua Afrika, dan pemain terbaik versi FWA pada musim 2017/2018 lalu.

"Dia melihat penghargaan individu datang karena ia adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar, saya pikir, Mo cerminan kami sebagai sebuah tim, banyak momen istimewa pada musim lalu tapi kami ingin lebih," kata pelatih asal Jerman tersebut.  

Musim lalu, Liverpool memang berhasil menjadi finalis Liga Champions dan finis di peringkat keempat Liga Primer. Tapi the Reds tidak meraih gelar apa pun. Liverpool hanya mampu sampai babak keempat Piala FA dan babak ketiga Piala Liga. Karena itu, Klopp berharap Liverpool dapat sukses sebagai tim pada musim berikutnya.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 7 4 2 1 16 8 14
5 Aston Villa Aston Villa 7 4 2 1 12 3 14
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement