Ahad 08 Jul 2018 00:01 WIB

Ribuan Warga AS Mengungsi

Tiupan angin dan naiknya suhu menjadi penyebab utama kebakaran hutan meluas.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Petugas kebakaran berusaha mengendalikan Api Thomas terus membakar lahan di kawasan utara Kalifornia
Foto: Mike Eliason/Santa Barbara County Fire Department via AP
Petugas kebakaran berusaha mengendalikan Api Thomas terus membakar lahan di kawasan utara Kalifornia

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Lebih dari seribu orang dilaporkan mengungsi akibat kebakaran hutan yang terjadi di seluruh wilayah barat Amerika Serikat (AS). Selain melahap ribuan bangunan, kebakaran juga telah menyebabkan satu orang tewas.

Salah satu titik kebakaran hutan yang cukup parah berada di perbatasan Kalifornia-Oregon. Walaupun peringatan tentang bahaya kebakaran dari Dinas Cuaca Nasional telah berakhir pada jumat (6/7), tapi api di wilayah tersebut tetap tak terkendali.

Tiupan angin dan naiknya suhu menjadi penyebab utama kebakaran hutan meluas. Suhu panas yang menyebar dari Kalifornia Selatan ke beberapa negara bagian, seperti Arizona, Nevada, dan Utah, mengancam akan kian memperburuk kebakaran hutan. Hal ini pula yang memaksa ribuan warga dievakuasi.

Pada Jumat malam, api yang didorong angin lebih jauh ke selatan, membakar sedikitnya 20 rumah dan mengancam ratusan lainnya di perbuktian di atas Goleta di Santa Barbara County. "Evakuasi wajib diserukan untuk area sekitar 1.500 orang," kata otoritas berwenang setempat, dikutip laman NBC News.