Ahad 08 Jul 2018 13:19 WIB

Operasi Hernia Terbanyak di NTB Raih Rekor MURI

tim dokter dalam mengoperasi 23 orang penderita hernia di Selong, Lombok Timur

Rep: M Nursyamsi/ Red: Agung Sasongko
Ruang operasi/ilustrasi
Foto: pixabay
Ruang operasi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TIMUR -- Rekor operasi hernia terbanyak dalam sehari di Indonesia tercipta di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Ahad (8/7).

Vice President dari Museum Rekor Indonesia (MURI) Osmar Semesta Susilo mengatakan, rekor ini tercipta atas inisiasi yang dilakukan Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia (BADILUM) bekerja sama dengan Arya Noble yang mengadakan acara operasi hernia dan katarak gratis untuk warga Lombok Tengah dan Lombok Timur pada 6-8 Juli 2018.

"Operasi Hernia yang dilakukan oleh BADILUM bekerja sama dengan Arya Noble ini belum pernah dilakukan oleh pihak lain, makanya kita catatkan sebagai rekor operasi hernia terbanyak dalam waktu satu hari di Indonesia. Programnya sangat baik, terutama menyentuh di sektor kesehatan, selain dari tercapainya rekor MURI ini kami juga berharap program ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ujar Osmar di Selong, Lombok Timur, NTB, Ahad (8/7).

Dalam acara operasi Hernia dan Katarak Gratis ini, BADILUM dan Arya Noble memperoleh rekor MURI dengan berhasilnya tim dokter dalam mengoperasi 23 orang penderita hernia di Selong, Lombok Timur dalam waktu satu hari. Selain di Selong, operasi hernia juga dilakukan tim dokter kepada 15 orang penderita hernia di Praya, Lombok Tengah.