Rabu 01 Aug 2018 10:51 WIB

Yaman Negara Tua Kaya Peradaban (1)

Budaya bangsa ini hampir sama dengan negara Arab pada umumnya.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Yaman
Foto: vk.com
Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Yaman adalah negara yang terletak di benua Asia, negara Arab di Asia Barat Daya, letaknya memanjang dari barat daya ke ujung selatan Semenanjung Arab dan ibu kotanya adalah Sana'a.Berbatasan dengan Arab Saudi ke utara, Laut Merah di barat, Teluk Aden dan Laut Arab ke selatan dan Oman ke arah timur.

Negara yang memiliki beberapa pulau terpisah ini memiliki kekayaan sejarah peradaban kuno sejak ribuan tahun lalu.Dalam catatan sejarah, Yaman menjadi bagian pusat perdagangan antara India, Cina, Afrika, dan Mediterania.

Budaya bangsa ini hampir sama dengan negara Arab pada umumnya. Masyarakat di kawasan Yaman secara umum menganut menganut sistem patriarki, yakni pria lebih dominan dibandingkan wanita dalam segala hal.

Menarik mencermati sistem budaya yang berlaku di negara dengan populasi sekitar 23 juta jiwa ini.Strata sosial masih begitu mencokol dan kuat mentradisi dalam masyarakat. Terutama berbasis kesukuan, agama, dan kekerabatan. Kesetiaan mereka paling kuat diukur dari penghormatan kepada keluarga.