Senin 06 Aug 2018 16:44 WIB

Yaman Destinasi Favorit Belajar Agama

Terdapat sekitar 1.800 mahasiswa Indonesia di Yaman

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Yaman
Foto: vk.com
Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Krisis yang melanda Yaman tak membuat para penimba ilmu menghindari negara berbentuk Republik ini. Meskipun saat ini situasi di Yaman masih dalam kondisi krisis politik, banyak mahasiswa asing yang tetap bertahan di negara ini untuk menimba ilmu. Di antaranya adalah warga Indonesia Faiz (39 tahun), mahasiswa Indonesia ini tengah menempuh studi magisternya di universitas swasta lokal di kota pelabuhan Mukalla.

Dia merupakan mahasiswa asing yang memilih tinggal di Yaman untuk mendalami Islam. "Saya merasa aman di sini, saya belajar di Provinsi Hadramaut karena itu adalah kota yang terkenal untuk menuntut ilmu bagi masyarakat Indonesia. Saya juga merasa ini menjadi rumah kedua saya," ujar dia dilansir dari gulfnews.com.

Terakhir kali dia mengunjungi Indonesia pada 1999. Faiz tetap bertahan di Yaman hing ga studi doktornya selesai. Saat ini mahasiswa Indonesia yang belajar di Yaman mencapai 1.800 orang. Mayoritas dari mereka menempuh pendidikan di Hadramaut.

Padahal, di saat yang sama tak sedikit penduduk lokal justru memilih berangkat ke luar negeri mencari ilmu. Ini tentu bertolak belakang dengan banyak pelajar asing datang ke negara yang dilanda kemiskinan ini sebagai tempat ideal mempelajari Islam.