Rabu 08 Aug 2018 10:03 WIB

Miliarder Asal AS Kuasai Arsenal FC

Kroenke kini memegang total 97 persen hak atas Arsenal.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Stan Kroenke
Foto: EPA/PETER POWELL
Stan Kroenke

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Miliarder asal Amerika Serikat (AS) Stan Kroenke akan menjadi pemilik tunggal klub elite Liga Primer Inggris, Arsenal FC. Kepemilikan tersebut terjadi setelah pemegang sebagian saham tim di London Utara itu, Alisher Usmanov, melepas hak seronya kepada Kroenke.

Portal AS, Rabu (8/8) melaporkan, Usmanov, konglomerat asal Rusia, tersebut selama ini memegang saham Arsenal sebanyak 37 persen. Sedangkan Kroenke mengendalikan kepemilikan dengan modal 67 persen saham Arsenal. Menurut AS, Usmanov melepas hak kepemilikan seluruhnya kepada Kroenke dengan nilai total 550 juta poundsterling.

Jumlah tersebut setara dengan Rp 10,2 triliun. Laporan tersebut menyampaikan, pelepasan kepemilikan saham Usmanov kepada Kroenke resmi dilakukan pada Selasa (7/8) waktu London, di Bursa Efek London (LSE). “Usmanov telah mengkonfirmasi penjulan 30 persen kepemilikannya di Arsenal kepada Kroenke,” begitu kata laporan tersebut.

Dalam pernyataannya di LSE, Usmanov pun mengatakan pelepasan kepemilikannya itu dipercaya sebagai usaha membuat Arsenal bangkit. Kata dia, dengan nilai pelepasan saham kepada Kroenke, maka dapat menjadikan Arsenal sebagai tim terbaik di dunia pada musim 2018/2019.

“Saya sudah memutuskan menjual saham saya yang bisa menjadikan Arsenal klub sepak bola yang luar biasa dan agar semua orang yang hidup di dalamnya dapat menjalankan kariernya dengan sangat baik,” begitu kata Usmanov.

Kini dengan kepemilikan awal 67 persen dan ditambah perpindahan saham 30 persen milik Usmanov, membuat Kroenke memegang total 97 persen hak atas Arsenal. Akan tetapi menurut AS, situasi kepemilikan mayoritas tersebut menjadi satu situasi yang mengerikan. Sebab kepemilikan tunggal tersebut diyakini akan mendapat reaksi dari para suporter dan loyalis the Gunners.

Kroenke sebetulnya bukan orang baru di Arsenal. Miliarder usia 71 tahun tersebut mulai mengalihkan modalnya dari AS dengan menginvansi perlahan Meriam London sejak 2007 melalui konsorsium Kroenke Sport and Entertainment. Konsorsium tersebut juga memiliki klub sepak bola di Liga Amerika (MLS) bernama Colorado Rapids.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement