Selasa 14 Aug 2018 08:35 WIB

Combiphar Ubah Bisnisnya Jadi Consumer Health

Combiphar sudah mulai bermain ekspor pada 2016.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Obat generik (Ilustrasi)
Foto: Antara
Obat generik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Salah satu perusahaan farmasi di Indonesia, Combiphar pada 2015, mengubah bisnisnya. Yakni, dari perusahaan generik, berubah wujud menjadi perusahaan consumer health care. 

Menurut Presiden Direktur Combiphar, Michael Wanandi, perubahan ini dilakukan untuk mengantisipasi persaingan yang tidak sehat di bisnis obat generik. Bahkan, Combiphar sudah mulai bermain ekspor pada 2016.

Michael mengatakan, hal ini merupakan strategi baru. Perubahan bisnis ini pun terutama yang terkait dengan tumbuh pesatnya kelas menengah di Tanah Air. “Kami merumuskan strategi baru di tahun 2011. Kick of strategi baru ini dimulai akhir 2012,” ujar Michael kepada wartawan di Bandung belum lama ini.

Michael menilai, seiring kenaikan pendapatan, gaya hidup masyarakat yang berubah maka consumer health care sangat dibutuhkan. Karena, saat ini ada yang negatif misalnya banyak masyarakat yang mengonsumsi makan-makanan tidak sehat yakni junk food, gorengan, fast food.