Selasa 14 Aug 2018 18:07 WIB

Tiga Kriteria Sosok Pengganti Sandi Menurut PKS

PKS ingin tak ada matahari kembar dalam memimpin DKI.

Rep: Farah Nabila/ Red: Teguh Firmansyah
Bakal calon  wakil presiden Sandiaga Uno  memberikan keterangan kepada media saat tiba  di Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), Jakarta, Selasa (14/8).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno memberikan keterangan kepada media saat tiba di Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), Jakarta, Selasa (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Triwisaksana mengatakan ada tiga kualitfikasi atau kriteria sosok yang harus dimiliki oleh calon pengganti Sandiaga Salahuddin Uno di kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kriteria tersebut salah satunya adalah bisa bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

"Kriteria yang pertama itu bisa bekerja sama dengan Pak Anies secara harmonis. Tidak boleh ada matahari kembar. Pimpinannya tetap pada gubernur. Tapi pak wagub ini bisa bekerja sama, bisa membantu, Bisa melengkapi,” ungkap laki-laki yang akrab disebut Sani ini kepada Republika.co.id, Selasa (14/8).

Kriteria kedua, lanjut dia, adalah sosok yang mampu melakukan koordinasi dan juga komunikasi dengan pihak-pihak atau lembaga-lembaga lain, seperti DPRD. Sebab, Gubernur dan Wagub sangat memiliki hubungan yang erat dengan DPRD. “Karena hubungan dengan DPRD itu paling sering atau paling kerap. Terutama terkait dengan penyusunan anggaran dan juga penyusunan Perda,” kata dia.