Ahad 19 Aug 2018 11:42 WIB

Puluhan Penari Kesurupan Massal

Mereka yang kesurupan diangkat ke luar bibir pantai.

Red: Teguh Firmansyah
Tanah Lot, Bali (Ilustrasi).
Foto: Antara
Tanah Lot, Bali (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TABANAN -- Puluhan penari sempat mengalami kesurupan massal saat membawakan tarian sakral "Ratu Segara" di areal pantai objek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Sabtu (19/8).  Tarian ini merupakan pembuka untuk Festival Tanah Lot ke-2.

Kantor berita Antara di lokasi festival, Sabtu malam, melaporkan kesurupan massal itu 'memecahkan' konsentrasi puluhan ribu pengunjung yang berada di objek wisata itu sejak  Sabtu petang hingga malam.

Mereka yang mengalami kesurupan ini akhirnya dibopong dan diangkat ke luar bibir pantai oleh pemuka agama dan pecalang setempat untuk mencari lokasi penyembuhan guna menyadarkan sang penari.

Ribuan penari membawakan tarian Ratu Segara dengan durasi 11 menit tersebut dimulai pada pukul 18.00 Wita. Festival itu sendiri berlangsung pada 18-20 Agustus 2018.

Baca juga, Siswi SMP Negeri 2 Pekuncen Kesurupan Massal.

Dalam pembukaan festival tersebut, sebanyak 1.800 pelajar SMA sejak sore sudah memadati bibir pantai untuk menghibur para wisatawan yang berlibur di objek tersebut.

 "Tarian Ratu Segara dipentaskan dalam pembukaan Festival Tanah Lot kedua untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan dengan alam semesta, sehingga aura negatif dapat dihapus dengan tarian sakral itu," kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat membuka festival itu.

Menurut dia, pementasan tari itu menjadi bagian tarian bakti suci kepada alam semesta, agar Bali tetap aman dan lestari. "Ya, tarian syukur, serta mempunyai tujuan ajegkan Bali dan jagat Nusantara," katanya.

Bupati wanita pertama di Pulau Dewata itu mengatakan tari sakral tersebut merupakan bentuk persembahan kepada Ratu Laut Selatan sekaligus untuk menarik minat wisatawan datang ke Pulau Dewata.

Bertepatan dengan pembukaan Festival Tanah Lot ke-2 itu, data dari pengelola objek wisata mencatat kunjungan wisatawan tercatat sebanyak 55.000 pengunjung lebih.

Festival Tanah Lot ke-2 itu juga dimeriahkan dengan stand kuliner khas Tabanan dan produk khas lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement