Ahad 26 Aug 2018 00:39 WIB

Curhat ke Mensos, Pengungsi: Keluhan Kami Banyak, Pak

Pengungsi masih membutuhkan banyak hal, seperti makanan, selimut, dan kebutuhan lain.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Endro Yuwanto
Menteri Sosial Agus Gumiwang mengunjungi lokasi pengungsian di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Sabtu (25/8) malam.
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsyi
Menteri Sosial Agus Gumiwang mengunjungi lokasi pengungsian di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Sabtu (25/8) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Kehadiran Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang yang berkunjung ke pos pengungsian di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Sabtu (25/8) malam, tidak disia-siakan warga terdampak gempa untuk menumpahkan aspirasinya. Seorang pengungsi, Dasan Barat, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Asmahan, tampil mewakili ibu-ibu yang sudah hampir tiga pekan tinggal di pos pengungsian.

"Saya merupakan korban gempa yang pertama selamat, Alhamdulillah. Saya kena reruntuhan gempa," kata Asmahan dengan berapi-api.

Baca Juga

Lantangnya suara Asmahan membuat riuh dan tepuk tangan dari ibu-ibu yang tinggal di pengungsian.  "Iya kita bersyukur ya ibu-ibu ya, kalau rumah masih bisa diperbaiki," lanjutnya.

Meski mendapat luka akibat tertimpa reruntuhan, Asmahan mengaku bersyukur diberi keselamatan bersama anak-anaknya. Mensos tersenyum melihat semangat Asmahan dan memintanya menyebutkan apa yang ia butuhkan saat ini. "Kalau keluhan kita, banyaklah ya, keluhan kita iya Pak banyak. Ini dah terutama kebutuhan sehari-hari, masalah perut, ya kan aktivitas kita terganggu sudah enggak lancar lagi, ya ibu-ibu ya," katanya.