Senin 27 Aug 2018 14:49 WIB

Indonesia Jadi Negara Pertama Dikunjungi Scott Morrison

Scott Morrison menggantikan Malcom Turnbull sebagai PM Australia.

Red: Nur Aini
Scott Morrison sekarang menjadi perdana menteri australia yang baru menggantikan Malcolm Turnbull.
Foto: ABC
Scott Morrison sekarang menjadi perdana menteri australia yang baru menggantikan Malcolm Turnbull.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri Australia, Scott Morrison akan melakukan perjalanan pertamanya ke luar negeri. Hal itu ia lakukan kurang dari sepekan setelah dilantik dengan mengunjungi Jakarta, Indonesia.

Perjalanan perdana Scott Morrison sebagai Perdana Menteri Australia ke-30 ini menurut rencana digunakan untuk mengumumkan kalau Australia dan Indonesia sudah berada di ambang penandatanganan perjanjian perdagangan bebas. Para pejabat berhasil menyelesaikan kebuntuan atas perjanjian perdagangan bebas kedua negara tersebut dalam proses negosiasi yang baru-baru ini dilangsungkan di Melbourne, Victoria.

Keberhasilan tersebut membuka jalan bagi kesepakatan tersebut untuk dapat ditandatangani pada September atau Oktober tahun ini. Mantan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull sebelumnya telah merencanakan untuk melakukan perjalanan ke Indonesia minggu depan untuk membuat pengumuman, tetapi gejolak kepemimpinan di Canberra membuat rencana tersebut menjadi kacau.

Pejabat pemerintah memperkirakan pada Jumat (24/8) bahwa Scott Morrison tidak akan mungkin melakukan kunjungan ke Jakarta begitu cepat pasca-menjabat. Mereka juga khawatir bahwa dengan menunda pengumuman tersebut dapat memperburuk Pemerintah Indonesia.