Selasa 28 Aug 2018 07:08 WIB

Ratusan Uang Kuno Menambah Koleksi Museum Surabaya

Sebanyak 277 item uang kuno mulai dari kertas hingga koin dihibahkan ke museum ini.

Red: Andi Nur Aminah
Uang kuno (ilustrasi)
Uang kuno (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ratusan uang kuno (numismatik) mulai dari zaman penjajahan Belanda, Jepang hingga masa awal kemerdekaan Indonesia menambah koleksi baru benda sejarah di Museum Surabaya kompleks Gedung Siola Jalan Tunjungan Surabaya, Senin (27/8). Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan sebanyak 277 item uang kuno mulai dari kertas hingga koin tersebut merupakan hasil hibah dari salah satu Komunitas Pemerhati Sejarah di Surabaya yakni Surabaya Vintage Community.

"Awalnya mereka (komunitas) ingin ketemu kita untuk menyumbangkan ini. Makanya kita agendakan. Ini bagian dari terima kasih kami," kata Wali Kota Risma usai menerima penyerahan ratusan uang kuno di Museum Surabaya.

Risma mengatakan Museum Surabaya yang berdiri sejak 2015 itu, bakal terus menambah koleksi benda bersejarah. Uang kuno yang berasal dari berbagai tahun ini, kata Risma, akan dipajang di Museum Surabaya.

Namun, lanjut dia, pihaknya masih menyiapkan tempat untuk menata lokasi uang kuno tersebut. Terlebih lagi, uang-uang kuno itu, nantinya juga akan dilengkapi dengan informasi yang spesifik.