Selasa 28 Aug 2018 00:35 WIB

Persib Fokus Tingkatkan Kondisi Pemain

Persib bersiap menghadapi Arema Malang di Gelora Bandung Lautan Api.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gelandang Persib Oh Inkyun diadang gelandang Sriwijaya FC Esteban Vizcarra (kanan) pada pertadingan Gojek Liga1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Sabtu (4/7).
Foto: Republika
Gelandang Persib Oh Inkyun diadang gelandang Sriwijaya FC Esteban Vizcarra (kanan) pada pertadingan Gojek Liga1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Sabtu (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung kembali berlatih usai mendapatkan dua pekan libur selama jeda Asian Games 2018. Usai libur panjang, Maung Bandung bersiap menghadapi Arema Malang di Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada 13 September mendatang.

Pelatih Fisik Persib Yaya Sunarya mengakui timnya saat ini memperbaiki kondisi pemain pascalibur. Meski memiliki pekerjaan rumah untuk latihan sendiri, hal tersebut tidak sebanding dengan jika berlatih bersama.

"Kalau coach bilang not bad lihat kondisi pemain. Tapi tentunya proggres dari 60 persen ini besok sama berikutnya harus ditambah, baik intensitas maupun volumenya, untuk persiapan ke tanggal 13," ujar Yaya di SPOrT Jabar, Kota Bandung, Senin (27/8).

Jajaran pelatih memang mengevaluasi hasil pekerjaan rumah pemain untuk melakukan latihan mandiri. Seperti mencatat pemain yang memiliki kekurangan kebugaran usai liburan.

"Karena kita tidak bisa memaksa, kalaupun misalkan memaksakan nanti resikonya akan lebih parah lagi dan kita akan kehilangan waktu. Itu yang kita khawatirkan," papar Yaya.

Untuk itu, akan ada penambahan porsi latihan di luar lapangan yang akan diberikan untuk para pemain yang memiliki kondisi berbeda. "Misalnya beberapa kali latihan ada ruang atau waktu yang kosong, kita bikin bentuk-bentuk latihan untuk penambahan bagi beberapa pemain," jelas Yaya.

Sementara itu, kapten tim Persib Supardi mengakui latihan pertama tidak sulit baginya. Karena dia melaksanakan program latihan yang diberikan oleh pelatih. "Yang penting mereka profesional. Saya yakin mereka tidak mungkin berleha-leha, disiplin masalah pribadi mereka masing masing," ujar Supardi.

Meski begitu, bukan berarti fisiknya kembali seperti saat kompetisi berlangsung. Untuk itu, penting bagi pemain untuk dapat mengejar ketertinggalan selama masa liburan.

"Fokus pemain sekarang mempersiapkan pertandingan, yang penting kita tahu pertandingan awal setelah libur adalah pertandingan yang sangat menentukan ke depannya," jelasnya.

Persib akan memulai kompetisi dengan bertengger di posisi puncak klasemen sementara Liga 1 dengan 35 poin. Terpaut dua poin dari Madura United yang berada di posisi kedua.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement