Home >> >>
Partai Demokrat Dipecundangi Nasdem dan Hanura
Rabu , 12 Feb 2014, 13:25 WIB
Republika-wihdan
Partai Demokrat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDI Perjuangan masih menjadi partai yang memiliki elektabilitas tertinggi jika dilakukan pemilu saat ini. Sementara Partai Demokrat terjun bebas di bawah Partai Nasdem dann Partai Hanura.

Berdasar survei yang dilakukan Lembaga Survei Jakarta (LSJ) PDI Perjuangan dengan 19,83 persen. Golkar ada di posisi kedua dengan perolehan suara 17,74 persen. Selanjutnya disusul Nasdem 6,94 persen, Hanura 6,85 persen, dan Demokrat 6,12 persen.

Sementara parpol Islam seperti PPP meraih 4,83 persen, PKB 4,67 persen, PAN 4,51 persen, PKS 3,87 persen. Partai Bulan Bintang (PBB) meraih suara terkecil, 1,2 persen.

Survei dilakukan pada 12 - 26 Januari 2014 di 33 propinsi. Sampel sebanyak 1.240 responden dengan teknik multistage random sampling. Ambang kesalahan survei ini adalah 2,8 persen dengan level of confidence 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

Manajer Riset LSJ Rendy Kurnia, menyatakan sejumlah parpol yang dalam sosialisasinya mengedepankan isu perubahan akan diminati masyarakat. Komitmen yang kuat terhadap rakyat kecil sangat mempengaruhi peningkatan elektabilitas parpol.


Redaktur : Joko Sadewo
Reporter : Erdy Nasrul
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar