Home >> >>
PDIP akan Selektif Terima Koalisi
Jumat , 21 Mar 2014, 09:35 WIB
Tahta Aidila/Republika
Achmad Basarah (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDI Perjuangan ingin membangun sistem presidensial yang kuat agar pemerintahan berjalan efektif. PDI-P pun memberi syarat bagi partai politik yang ingin bekerjasama di pemerintahan.

"Berangkat dari kegagalan pemerintahan koalisi ala Partai Demokrat pada periode pemerintahan SBY/Boediono, maka partai-partai yang akan bekerja sama (dengan PDI-P) harus sepakat untuk memperkuat sistem presidensial," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Achmad Basarah di Jakarta, Jumat (21/3).

Dia mengatakan, koalisi ala Partai Demokrat basis keputusannya mengamankan kekuasaan antarparpol koalisi. Namun, menurut dia, kerja sama pemerintahan pada dasarnya berorientasi menjalankan pemerintahan negara yang sesuai ideologi Pancasila untuk kesejahteraan rakyat.

Achmad menilai semakin banyak partai politik yang menyatukan diri dalam barisan parpol yang berorientasi kerja sama membangun bangsa tentu bertambah baik karena pemerintahan akan semakin efektif.

"Namun apabila bergabungnya parpol-parpol hanya berorientasi kekuasaan semata maka kami akan lebih selektif lagi," ujarnya.

Selain itu dia menjelaskan PDI-P menghormati keinginan beberapa partai seperti PKB, PKS dan parpol lain yang ingin bergabung dan bekerja sama dengan PDI-P dalam pilpres 2014.

Hal itu, menurut dia, merupakan hak politik setiap partai yang dijamin UUD 1945 serta Undang-Undang Pilpres yang mengatur Capres/ Cawapres diusung oleh partai dan atau gabungan parpol.

"Dasar hukum itu yang memberikan peluang bagi setiap parpol dapat menjalin kerja sama dalam pencapresan," tegasnya.

Namun, menurut dia, apakah kerja sama dalam pencapresan itu akan ditindaklanjuti di pemerintahan jika pasangan capres/cawapres yang diusung menang, harus melihat beberapa hal.

Hal itu, ujar dia, tergantung masing-masing parpol tersebut apakah memiliki kesamaan menerima Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, tujuan serta program pembangunan nasional yang akan dilaksanakan dan dicapai PDI-P.

"Saya nilai peluang membangun kerja sama politik ke depan akan terbuka apabila syarat-syarat fundamental itu dapat diterima parpol-parpol yang ingin bekerja sama denga PDI Perjuangan," tegasnya.

Redaktur : A.Syalaby Ichsan
Sumber : Antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar