Home >> >>
PAN Optimistis Koalisi dengan PDIP
Senin , 31 Mar 2014, 14:52 WIB
Yogi Ardhi/Republika
Bendera Partai Amanat Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional optimistis bisa membangun koalisi dengan PDI Perjuangan di Pemilu Presiden (pilpres) 2014. PAN merasa memiliki kesamaan visi dan misi dengan PDIP dalam membangun bangsa dan memperjuangkan pluralisme.

"Kami optimis berkoalisi dengan PDIP. Kami sama-sama partai nasionalis dan terbuka," kata Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan kepada wartawan di Jakarta, Senin (31/3).

Sejauh ini, kata Bara, komunikasi politik antara PAN dan PDIP sudah cukup intensif. Namun dia mengakui belum ada kata final berkoalisi antara kedu partai. "Hubungan kami dengan PDIP sudah terjalin lama," katanya.

Bara mengatakan wacana duet Jokowi -- Hatta Rajasa sebagai pasangan capres-cawapres cukup terbuka. Menurutnya Hatta memiliki hubungan dekat dengan tokoh-tokoh inti PDIP seperti Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas, dan Pramono Anung.  "Hatta bersahabat dengan tokoh-tokoh dari PDIP," ujarnya.

Terpisah Sekretaris Jendral DPP PDIP, Tjahjo Kumolo membenarkan pihaknya sudah melakukan komunikasi politik dengan tim pemenangan Hatta Rajasa terkait wacana koalisi di Pilpres 2014. "Saya sudah bertemu dengan tim Hatta Rajasa," kata Tjahjo.

Kendati begitu Tjahjo mengatakan partainya belum bisa mengambil keputusan soal dengan partai mana PDIP akan berkoalisi. Hal ini karena menurutnya PDIP ingin melihat dulu hasil Pileg 2014. "Tawaran mereka kami tampung," ujarnya.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Reporter : Muhammad Akbar Wijaya
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar