Home >> >>
Pengamat LIPI: Kedua Janji Capres tidak Membumi
Kamis , 19 Jun 2014, 11:35 WIB
Republika/Tahta Aidilla
Pengamat politik LIPI Indria Samego (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pengamat politik LIPI Indria Samego memandang, saat ini semua capres masih memberikan janji yang mengawang-awang kepada rakyat, dengan menawarkan gagasan layaknya sebuah daftar belanjaan.

"Semua (capres) mengawang, tidak ada pemahaman membumi. Tanpa pemahaman membumi, gagasannya seperti hanya shopping list saja," kata Indria Samego dalam diskusi bertema 'Sosok Capres-Cawapres Solutif Bagi Permasalahan Bangsa Lima Tahun Ke Depan' di Jakarta, Kamis (19/6).

Indria mengatakan, kurangnya pemahaman yang membumi mengindikasikan pemimpin masih Jakarta sentris, atau masih memandang Indonesia secara makro. "Akibatnya, masyarakat tidak dapat apa-apa dalam proses demokrasi lima tahunan, kecuali kaos, serangan fajar dan model-model seperti itu," katanya.

Dia juga menilai masih terdapat fenomena eksploitasi terhadap kebodohan, ketidakpahaman, dan ketidaktahuan yang dilakukan pihak-pihak tertentu kepada rakyat, hanya untuk kepentingan instan. Hal itu tercermin dari maraknya kampanye hitam yang terjadi belakangan ini.

Redaktur : Erik Purnama Putra
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar