Home >> >>
Ini Moderator Debat Keempat Pilpres 2014
Kamis , 26 Jun 2014, 11:53 WIB
ugm.ac.id
Dwikorita Karnawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tim capres-cawapres telah menyepakati Wakil Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Bidang Kerja Sama, Dwikorita Karnawati sebagai moderator debat keempat. Guru besar Fakultas Teknik Geologi itu akan memimpin debat antarcawapres dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek.

"Kami sudah mengumpulkan tujuh nama, semuanya perempuan dan kami diskusikan dengan tim pasangan calon. Mereka pilih, dan irisannya Ibu Dwikorita," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, Kamis (26/6).

Hadar mengatakan, moderator perempuan sekaligus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat. Sehingga dalam rangkaian debat capres pemilu presiden 2014, pakar perempuan juga bisa disertakan. 

Debat keempat akan dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Masyarakat bisa menyaksikan debat secara langsung melalui tayangan RCTI, MNCTV, dan Global TV pukul 20.30 WIB. Sama seperti sebelumnya, durasi debat berlangsung 90 menit.

Sebelumnya KPU mengajukan tujuh kandidat moderator. Terdiri atas Rektor Universitas Terbuka Tian Belawati. Kedua, pakar Matematika dan Science dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Megawati Santoso. Ketiga, Wakil Rektor dan Guru besar Fakultas Teknik Geologi Universitas Gajah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati. 

Keempat, Ira Irawati dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Lima, Direktur EXPERD, kantor konsultasi sumber daya manusia Eileen Rachman. Keenam, Guru Besar Teknik Komputer di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (UI) Riri Fitri Sari.

Terakhir, Dosen Psikologi UI Corrina DS Riantoputra. Kandidat yang tidak terpilih dijadikan tim ahli untuk membantu moderator memformulasikan pertanyaan saat debat nanti.

Rangkaian debat berlangsung sebanyak lima kali. Pertama, pada 9 Juni, debat capres dan cawapres disiarkan SCTV, Indosiar, dan Berita Satu dengan tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum.

Kedua, pada 15 Juni, debat capres disiarkan Metro TV dengan Tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Debat ketiga disiarkan TV One dan ANTV dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional pada 22 Juni 2014.

Debat keempat, pada 29 Juni, debat cawapres disiarkan RCTI, MNCTV, dan Global dengan Tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek. Terakhir, pada 5 Juli, debat capres dan cawapres disiarkan TVRI dan Kompas TV dengan Tema Pangan, Energi, dan Lingkungan. 

Redaktur : Mansyur Faqih
Reporter : Ira Sasmita
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar