Analis: Rustriningsih Bawa Pengaruh Besar dalam Pemenangan Prabowo-Hatta
Kamis , 03 Jul 2014, 20:44 WIB
Antara
Mantan wagub Jateng, Rustriningsih menghadiri undangan konvensi capres Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (29/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Analis politik Universitas Diponegoro Semarang Budi Setiyono menilai pengaruh mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih memenangkan Prabowo Subianto-Hatta sangat besar.

"Bu Rustri memiliki pengaruh besar untuk mendongkrak perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta di Jateng. Tergantung keseriusan Bu Rustri menggerakkan jaringan pendukungnya," katanya di Semarang, Kamis.

Sebagaimana diwartakan, Rustriningsih menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Hatta pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 yang disampaikan saat peringatan ulang tahunnya ke-47, Kamis ini, di Kebumen.

Penasihat politik tokoh oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi itu menjelaskan, Rustriningsih memiliki jaringan kuat di kelompok petani dan lembaga sosial penyandang cacat yang tersebar di wilayah Jateng.

Ia mengatakan jaringan itu dibangun Rustriningsih semasa menjabat sebagai Wagub Jateng yang sampai sekarang masih tetap loyal dan solid sehingga menjadi basis kekuatan untuk mendongkrak perolehan suara.

"Sekarang, tinggal keseriusan Bu Rustri untuk menggerakkan mesin-mesin pendukungnya itu. Tidak cukup hanya menyampaikan pernyataan dukungan yang hanya semacam perang statemen yang berefek psikologis," ungkapnya.

Kalau Rustriningsih betul-betul serius menggerakan elemen pendukungnya, lanjut dia, perolehan suara Prabowo-Hatta di Jateng bisa terdongkrak, bahkan bisa mengungguli perolehan suara Jokowi-JK meski tipis.

Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar