Jokowi Pilih Rini Soewandi karena Dekat Mega?
Senin , 04 Aug 2014, 19:52 WIB
Republika/ Yasin Habibi
Presiden terpilih Joko Widodo bersama Kepala Staf Kantor Transisi Rini M Soemarno (kiri) saat meresmikan kantor transisi di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Senin (4/8). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Rini Mariani Soemarno Soewandi sebagai kepala staf tim transisi. Apa alasan Jokowi memilih Rini?

"Senioritas," ujarnya sebelum meninggalkan Balai Kota, Senin (4/8).Selain pertimbangan itu, pria yang masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, Rini layak menjadi kepala staf karena ia memiliki kemampuan dan banyak pengalaman.

Selain pernah berkarya di perusahaan swasta, ujar Jokowi, Rini juga pernah berkecimpung di pemerintahan selama menjadi menteri perindustrian dan perdagangan di era Presiden Megawati."Ini penting. Karena kita ingin menggabungkan kecepatan swasta dan pentingnya regulasi di pemerintahan," kata mantan wali kota Solo tersebut.

Jokowi mengaku, ia sendiri yang menunjuk Rini. Untuk memilih kepala staf, Jokowi mengatakan, ia tak perlu berkonsultasi dengan para ketua umum parpol pendukung.

Seperti diketahui, Jokowi baru saja meresmikan kantor transisinya yang berlokasi di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat. Selain meresmikan kantor, Jokowi juga mengenalkan sebagian anggota tim yang berkantor di rumah transisi tersebut.

Rini pernah menjabat menteri perdagangan di Kabinet Megawati Sukarnoputri. Ia juga dikenal sebagai figur yang dekat dengan ketua umum PDI Perjuangan itu.

Redaktur : Taufik Rachman
Reporter : halimatus sadiyah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar